Berita Surabaya

6 Rumah Ibadah di Royal Residence Surabaya Barat Dibangun dan Dikelola Sendiri oleh Warga

Perumahan Royal Residence Surabaya Barat memiliki enam rumah ibadah agama-agama di Indonesia.

6 Rumah Ibadah di Royal Residence Surabaya Barat Dibangun dan Dikelola Sendiri oleh Warga
TribunJatim.com/Hefty's Suud
Berbagai rumah ibadah mulai dari Gereja Kristen Indonesia, Pura, Klenteng, Gereja Katolik, Vihara, dan Masjid, dibangun berjajar di area Perumahan Royal Residence, Surabaya Barat. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Perumahan Royal Residence Surabaya Barat memiliki enam rumah ibadah agama-agama di Indonesia. Rumah ibadah tersebut dibangun berjajar di sana.

Ketua Forum Komunikasi antar Rumah Ibadah Royal Residence, Indra Prasetyo, mengatakan masing-masing rumah ibadah memiliki pengurusnya sendiri dan dibangun dengan urunan warga. Mereka mengajukan proposal secara mandiri ke beberapa instansi untuk merampungkan rumah ibadahnya.

"Awalnya dari warga muslim yang mengajukan masjid ke manajemen perumahan. Tapi supaya adil, manajemen mengajukan saran bangun rumah ibadah untuk semua agama," papar Indra.

Bangun 6 Rumah Ibadah Berjejer, Warga Royal Residence Surabaya Barat Ingin Hidup Rukun

Namun, karena manajemen perumahan tidak memiliki desain rumah ibadah, maka manajemen hanya memberikan tanah kosong yang bisa dikelola warga menjadi rumah ibadah.

"Targetnya dulu 2019 selesai, tapi ya karena masing-masing rumah ibadah itu jumlah pengurusnya beda. Jadi ya tak bisa serentak selesai semua," ungkap Indra.

Contohnya, rumah ibadah Hindu hanya ada dua pengurus.

Untuk itu, pengurus ibadah rumah ibadah lainnya juga ikut membantu.

Selain itu, untuk menjaga supaya keagiatan di masing-masing rumah ibadah berjalan lanjar, warga Perumahan Royal Residence juga membuat Forum Komunikasi antar Rumah Ibadah Royal Residence.

"Intinya kan kami berupaya hidup rukun berdampingan. Bukan hanya rumah tinggal, tapi juga rumah ibadah. Kami juga mohon doanya, supaya kita semua bisa tetap rukun walau berbeda," ujar Indra.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

Penulis: Hefty's Suud
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved