Berita Bangkalan Madura

Kampanye Kelola Sampah Plastik, KKN Mahasiswa UTM Kenalkan Kebun Vertikal di Desa Dlemmer, Kwanyar

Istilah Vertical Garden atau kebun vertikal belakangan ini belum begitu akrab terdengar di telinga masyarakat.

Kampanye Kelola Sampah Plastik, KKN Mahasiswa UTM Kenalkan Kebun Vertikal di Desa Dlemmer, Kwanyar
SURYAOnline/ahmad faisol
Vertical Garden karya Mahasiswa KKN Kelompok 9 UTM diletakkan di SDN 1 Desa Dlemer Kecamatan Kwanyar. 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Istilah Vertical Garden atau kebun vertikal belakangan ini belum begitu akrab terdengar di telinga masyarakat. Metode bercocok tanam dengan menggunakan lahan sempit dan terbatas itu dikenalkan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 09 Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) di Desa Dlemmer Kecamatan Kwanyar.

Banyak istilah disebutkan dalam taman vertikal. Mulai dari dinding hijau, dinding hidup, biowalls, hingga ecowalls.

Penanggung jawab sosialisasi pembuatan Vertical Garden, Zilda Khilmatus mengungkapkan, pada prinsipnya kegiatan tersebut merupakan alternatif Kelompok KKN 9 dalam upaya mengkampanyekan gerakan mengurangi sampah plastik yang sudah dilakukan masyarakat indonesia.

"Sampah plastik sulit diurai. Karena itu kami sengaja menggunakan sampah-sampah dari botol berbahan plastik sebagai media tanaman pada Vertical Garden," ungkap Zilda kepada Surya, Kamis (18/7/2019).

Dengan gamblang Zilda memaparkan cara pembuatannya. Cukup bermodal botol plastik bekas, tanah, pupuk, dan bibit tanaman.

"Bisa dibuat tanaman sayuran seperti cabai, tomat, atau kangkung. Diisi bunga menjadi hiasan pun juga tidak masalah. Ini bermanfaat," paparnya.

Ia menambahkan,.metode Vertical Garden itu merupakan salah satu upaya penerapan sistem Reuse, Reduce, dan Recycle kepada masyarakat.

Selaras dengan tema sosialisasi yang digelar beberapa waktu lalu bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan.

"Ke depan, Vertical Garden ini kami jadikan inventaris untuk menghias SDN 1 Dlemmer dan Green House yang ada di Sekretariat Desa Dlemmer," pungkas dara berparas cantik ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan Hadari mengungkapkan, kegiatan yang digelar Mahasiswa UTM dalam program KKN merupakan salah satu bentuk partisipasi luar biasa dari masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved