Berita Surabaya

Awal Tahun 2020, Calon Pengantin di Jatim Wajib Tes Narkoba, Tahap Sosialisasi mulai Agustus

Kemenag Jatim segera menerapkan aturan terkait pernikahan. Mulai Agustus 2019 besok dilakukan sosialisasi tentang tes narkoba bagi calon pengantin.

Awal Tahun 2020, Calon Pengantin di Jatim Wajib Tes Narkoba, Tahap Sosialisasi mulai Agustus
TribunJatim.com/Kukuh Kurniawan
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BNNP Jatim dan Kanwil Kemenag Jatim terkait pelaksanaan tes urin bagi calon pengantin, Jumat (12/7/2019). Mulai Agustus dilakukan sosialisasi dan pemberlakuannya awal tahun 2020. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kemenag Jatim segera menerapkan aturan terkait pernikahan. Mulai Agustus 2019 besok dilakukan sosialisai terkait setiap calon pasangan calon mempelai wajib tes narkoba sebagai syarat dicatatkan pernikahan mereka di KUA.

Plt Kepala Kanwil Kemenag Jatim Amin Mahfud menuturkan bahwa pihaknya juga menjadi bagian dari institusi yang ikut memerangi narkoba.

"Ini sesuai Perda. Kami berkolaborasi dengan BNN untuk sama-sama mencegah dan memenangi narkoba," kata Amin, Kamis (18/7/2019).

Amin juga menuturkan bahwa langkah Kemenag Jatim memberlakukan aturan wajib tes narkoba itu sudah sesuai instruksi Presiden. Hal ini diperkuat dengan Perda 13/2016 tentang pencegah narkoba. 

Plt Kanwil Kemenag Jatim ini tengah menyiapkan seluruh infrastruktur dan sosialisasi ke seluruh Kemenag kabupaten kota. Seluruh 38 Kemenag di Jatim wajib memberlakukan aturan baru itu.

"Agustus akan kami lakukan sosialisai," katanya.

Tidak saja mengundang semua 38 Kemenag kabupaten kota, tim dari Bimbingan Masyarakat Kemenag Jatim akan keliling ke seluruh daerah. Amin menjelaskan bahwa pihaknya memberlakukan tes narkoba itu tidak dalam rangka mengintervensi hingga ke masalah pribadi calon pengantin.

Amin berharap agar semua masyarakat bisa memahami aturan baru ini. Awalnya memang akan terlihat janggal karena bisa jadi keluarga atau calon pengantin risih. Namun tes untuk mengetahui apakah yang bersangkutan terkait narkoba atau tidak itu tak perlu dianggap hal yang menakutkan.

Bisa jadi hanya Jatim yang akan menerapkan aturan wajib tes narkoba bagi calon pengantin. Amin menuturkan bahwa bentuk Tesnya cukup tes urine.  

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved