Berita Surabaya

Kenalkan Siswa Baru Proses Hidup Tumbuhan Jadi Program MPLS SD Khadijah Wonorejo Surabaya

SD Khadijah Wonorejo mencoba mengenalkan urban farming hidroponik di sekolahnya dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Kenalkan Siswa Baru Proses Hidup Tumbuhan Jadi Program MPLS SD Khadijah Wonorejo Surabaya
surya/sulvi sofiana
Kepala SD Khadijah Wonorejo, Mohammad Iqbal, memandu ‘tour the Khadijah Urban Farming’ pada siswa baru, Rabu (17/7/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Siswa SD kerap memiliki beragam pertanyaan dasar tantang lingkungannya, termasuk dari mana asalnya sayuran yang biasa dimakan sehari-hari. Untuk itu SD Khadijah Wonorejo mencoba mengenalkan urban farming di sekolahnya dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Rabu (17/7/2019).

Urban farming yang dikenalkan sekolah yang baru dua tahun berdiri ini yaitu proses pembibitan hingga panen sayuran. Anak-anak kelas satu itu terlihat antusias saat melihat pot-pot sayuran hidroponik.

Nadira Aqeela salah satunya, siswa baru SD Khadijah ini mengungkapkan baru pertama kali melihat menanam sayur di atas air. Didampingi para guru, mereka belajar langsung tentang tanaman hidroponik bukan hanya tahu sayur mayur ketika sudah ada di pasar.

"Seru, bisa lihat langsung sama nanam biji sayur biar bisa tumbuh besar," celetuk Nadira.

Kepala SD Khadijah Wonorejo, Mohammad Iqbal, yang memandu ‘tour the Khadijah Urban Farming’ itu mengenalkan satu persatu jenis tanaman yang ada dan proses mereka tumbuh hingga siap dipanen.

Iqbal pun mengajak anak didiknya untuk memanen kangkung.

“Nanti anak-anak akan diajak menanam bibitnya dan dirawat hingga seminggu di kelas sebelum dipindahkan ke lokasi hidroponik. Jadi mereka tahu sayur yang di makan itu asalnya daei mana,"lanjutnya.

Khadijah Urban Farming ini terletak di lahan seluas 8×11 meter.

Dibuat dari rangka besi dan dikelilingi kasa besi agar tanaman yang ada tidak diganggu hama.

Semua yang ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia alias organik.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved