Press Release

Azrul Ananda Beberkan Rahasia Bisnis Olahraga Kepada Ratusan Pengusaha Muda

”Partisipasi (masyarakat) adalah income, prestasi adalah cost. Kalau partisipasi terus dikembangkan, maka partisipasi akan membiayai prestasi,” ujarny

Azrul Ananda Beberkan Rahasia Bisnis Olahraga Kepada Ratusan Pengusaha Muda
ist
Presiden Persebaya Surabaya, Azrul Ananda, saat menjadi pembicara di ajang yang digelar HIPMI Jatim. 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Presiden Persebaya Surabaya, Azrul Ananda, berbagi pengalaman seputar mengelola bisnis olahraga kepada ratusan pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jatim.

Hal itu berlangsung saat HIPMI Jatim menggelar Rakerda yang berakhir Rabu (17/7/2019) di Surabaya. 

Azrul memulai ceritanya dengan menggambarkan tentang besarnya prospek industri olahraga di Tanah Air.

Dia mengatakan, bisnis olahraga adalah bisnis emosi. Bisnis olahraga bergerak bukan semata-mata alasan rasional, tapi juga mengikat perasaan.

”Ekonomi mungkin bisa naik turun, tapi hasrat orang untuk melihat olahraga sangat tinggi. Ibaratnya, meski ada kebutuhan hidup lain, tetap nonton klub kesayangan bermain,” ujar Azrul.

Dia menjelaskan, Indonesia dengan penduduk berjumlah lebih dari 250 juta jiwa, menjadikan Indonesia adalah pasar yang menarik untuk berkecimpung di industri olahraga. 

”Indonesia punya syarat untuk memajukan industri olahraga. Penduduknya gemar olahraga, jumlahnya pun besar sekali,” ujarnya.

Azrul menambahkan, karena merupakan bisnis emosi, bisnis olahraga harus selalu melibatkan partisipasi publik atau suporter. Tidak ada bisnis olahraga yang bisa berkelanjutan tanpa dukungan suporter.

”Partisipasi (masyarakat) adalah income, prestasi adalah cost. Kalau partisipasi terus dikembangkan, maka partisipasi akan membiayai prestasi,” ujarnya.

Meski pasarnya sangat prospektif, Azrul menyebut bisnis olahraga di Indonesia, termasuk sepak bola, belum benar-benar menguntungkan. Dia lebih suka menyebut bisnis yang berkelanjutan (sustainable) ketimbang bisnis yang menguntungkan.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved