Berita Surabaya

11 Seniman Batik Lukis Jatim Pameran di Surabaya, ini Makna Rona Pesona dalam Tema Pameran

Sebanyak 11 seniman dari Komunitas Batik Lukis Jawa Timur menggelar pameran batik tulis bertajuk 'Rona Pesona'.

11 Seniman Batik Lukis Jatim Pameran di Surabaya, ini Makna Rona Pesona dalam Tema Pameran
SURYAOnline/Habibur Rohman
RONA PESONA - Deretan lukisan batik karya Komunitas Batik Lukis Jawa Timur dipamerkan di Galeri Paviliun House of Sampoerna Surabaya, Rabu (17/7/2019). 

Surya.co.id  | SURABAYA - Sebanyak 11 seniman dari Komunitas Batik Lukis Jawa Timur menggelar pameran batik tulis bertajuk 'Rona Pesona'.

Berlokasi di Galeri Paviliun House of Sampoerna, pameran yang menjadi wadah para pembatik untuk mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri ini digelar hingga Sabtu (10/8/2019).

Berbagai motif menjadi inspirasi para pelukis, seperti, keindahan alam, cerita legenda, dan kehidupan masyarakat.

"Para seniman batik lukis mempunyai karakter dan ciri khas berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, kami mengusung 'Rona Pesona' yang berarti kami, para seniman, memilki pesona sendiri-sendiri," ungkap Guntur Sasono, ketua pameran, Rabu (17/7).

Pameran ini, lanjutnya, merupakan pameran ketiga yang digelar oleh Komunitas Batik Lukis Jawa Timur setelah sebelumnya pada 2016 dan 2017.

"Kali ini batik yang kami hadirkan yaitu batik kontemporer atau kekinian. Batik klasik dapat kami modifikasi menjadi kontemporer," tuturnya.

Melalui pameran ini, Guntur berharap karya-karya yang ditampilkan mampu memberikan warna tersendiri bagi perkembangan batik di Jawa Timur.

"Batik tak hanya sebagai bagian dari budaya sandang masyarakat Indonesia, tapi juga sebagai karya seni yang mempesona dan layak untuk dikoleksi dan diapresiasi," pungkas Guntur.

Pada proses pengerjaannya, para seniman batik menggabungkan kemampuan melukis dan membatik yaitu dengan mengaplikasikan malam panas melalui proses penglorotan.

Karya yang diciptakan tidak hanya memilki estetika seni, namun memiliki filosofi penuh makna.

Halaman
123
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved