Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Rutin Gelar Patroli di Kawasan Pantai Timur Surabaya, Ini Tujuannya

Pemkot Surabaya rutin melakukan patroli di kawasan pantai timur Surabaya untuk pengawasan reklamasi dan pemantauan nelayan.

Pemkot Surabaya Rutin Gelar Patroli di Kawasan Pantai Timur Surabaya, Ini Tujuannya
istimewa
Patroli rutin Pemkot Surabaya di Kawasan Pantai Timur Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemkot Surabaya rutin melakukan patroli di kawasan pantai timur Surabaya. Patroli ini dilakukan untuk pengawasan reklamasi dan pemantauan nelayan.

Patroli rutin itu dilakukan Pemkot Surabaya bersama Polisi Air dan Udara (Polairud) dan Satpol PP Surabaya sebulan sekali. Kepala Seksi Perikanan Tangkap Bidang Perikanan dan Kelautan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Maria Agustin, mengatakan patroli itu diperuntukkan agar para nelayan tidak melanggar aturan penangkapan ikan seperti alat-alat yang tidak ramah lingkungan dalam penangkapan ikan.

"Jadi pengawasan kawasan pesisir ini terdiri dua seksi, yaitu seksi perikanan tangkap dan pengawasan perikanan dan kawasan pesisir. Kami patroli untuk mencari nelayan yang menggunakan alat yang dilarang seperti troll dan strum,” kata Maria, Selasa (16/07/2019).

Maria menuturkan kegiatan rutin ini dilakukan tiap satu bulan sekali dan berlangsung selama empat hari.

Rute patroli tersebut sepanjang Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) yang terdiri dari sembilan kecamatan, mulai dari kecamatan Rungkut, Gunung Anyar, Mulyorejo, Sukolilo, Bulak, Krembangan, Asem Rowo dan berakhir di Benowo.

Ia memastikan DKPP bersama Satpol PP bersinergi dengan Polisi Air dan Udara (Polairud), akan terus melakukan pemantauan di wilayah Pamurbaya dengan tujuan menjaga biota-biota yang ada di laut.

Oleh karena itu, Maria berharap, dengan adanya patroli rutin tersebut, nelayan yang sering melanggar akan segera ditindaklanjuti agar tidak merusak ekosistem laut.

“Sementara itu, untuk nelayan yang kerap melanggar aturan maka langsung akan diserahkan untuk ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved