Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Andalkan Biopori dan Bozem Atasi Ancaman Kekeringan di Wilayah Surabaya Barat

Memasuki musim panas, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mewaspadai ancaman kekeringan yang terjadi di daerah Surabaya Barat.

Pemkot Surabaya Andalkan Biopori dan Bozem Atasi Ancaman Kekeringan di Wilayah Surabaya Barat
SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Eko Agus Supiyadi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Memasuki musim panas, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mewaspadai ancaman kekeringan yang terjadi di daerah Surabaya Barat.

Wilayah ini menurut Eko Agus Supriyadi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, memang langganan kekeringan karena tidak adanya sumber air alami di daerah-daerah layaknya Lakarsantri, Pakal dan Benowo.

Meski begitu, Eko meyakini masyarakat tak perlu khawatir dengan ancaman tersebut, karena Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, telah mengantisipasi sejak lama.

"Jauh-jauh sebelumnya, bu wali sudah memperbanyak bozem, ada bozem-bozem baru. Salah satunya termasuk itu untuk mengatasi kekeringan. Dari segi tanah, banyak pohon juga banyak menyerap air," tutur Eko, Senin (15/7/2019).

Selain itu, pihaknya juga telah membuat biopori di titik-titik kota, dengan tujuan menyerap dan menyimpan air di dalam tanah.

Bila nantinya benar-benar terjadi kekeringan, Eko meyakinkan DLH sudah bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surabaya untuk mendistribusikan air ke daerah-daerah terdampak.

Pendistribusian tidak akan sulit menurutnya, karena kini penyaluran air ke seluruh warga Surabaya sudah mencapai 97 persen.

"Dari PDAM siap, nggak masalah. (Kalau terjadi kekeringan) kami kirim tangki, berapapun mintanya, nggak masalah. Jangan khawatir, aman Surabaya," tegasnya.

Tak hanya PDAM, DLH juga berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, kelurahan dan kecamatan.

Bila mulai muncul tanda-tanda kekeringan, pihaknya mengimbau warga menghubungi kontak-kontak darurat, yang sudah diberikan lewat kelurahan dan kecamatan.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved