DPRD Kota Surabaya

DPRD Surabaya Tolak Lukir Nama Jalan Bung Tomo ke Benowo, Cak Ji: Semua harus Menghargai Pahlawan

DPRD Kota Surabaya menolak rencana Pemerintah Kota (Pemkot) melukir sejumlah nama jalan di kota ini, terutama nama Jl Bung Tomo.

SURYAOnline/nuraini faiq
NAMA JALAN - Ketua DPRD Surabaya Armuji saat meninjau Jl Bung Tomo di kawasan Ngagel, Senin (15/7). Nama jalan ini akan diubah menjadi Jl Kencana. 

SURYA.co.id | SURABAYA - DPRD Kota Surabaya menolak rencana Pemerintah Kota (Pemkot) melukir sejumlah nama jalan di kota ini. Terutama nama Jl Bung Tomo yang ada di kawasan Ngagel (tengah kota) yang akan dilukir ke pinggiran kota di kawasan Benowo, ujung barat Kota Surabaya.

"Sebaiknya kita hargai dan tempatkan nama besar Bung Tomo secara terhormat. Masak nama Jl Bung Tomo dipindah di (kawasan) tambak," kata Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji di sela meninjau Jl Bung Tomo, Senin (15/7) siang.

Cak Ji, panggilan akrab Armuji, siang kemarin menerima Komunitas Pecinta Sejarah dan Perkembangan Kota (KPSPK) yang dipimpin Kuncarsono Prasetyo.

Selain itu, hadir pula kerabat Bung Tomo di Surabaya, Dedi Endarto. Mereka berdiskusi di kantor DPRD Surabaya, kemudian dilanjutkan meninjau Jl Bung Tomo.

Rencana pengalihan nama Jl Bung Tomo tersebut, menurut Cak Ji, sangat mengejutkan masyarakat. Apalagi keberadaan Jl Bung Tomo yang di Ngagel itu akan dipindah ke pinggiran kota di Benowo.

Dari sisi penghargaan terhadap nama besar Bung Tomo juga perlu menjadi perhatian. Dimana-mana, daerah memberi penghargaan kepada nama pahlawan besar untuk nama jalan di tengah kota.

"Bukan di tambak-tambak dan tidak jauh dari tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. Kami tegas menolak rencana yang sembrono ini. Tidak dengan kajian dan mengejutkan," kata politisi PDIP ini.

Setelah berdiskusi, Cak Ji mengajak KPSPK ke lokasi Jl Bung Tomo. Mereka lebih dulu ‘sowan’ ke makam Bung Tomo di Jalan Bung Tomo, Ngagel, sebelum meninjau Jl Bung Tomo yang berjarak sekitar 50 meter dari lokasi makam Bung Tomo.

Seperti diketahui, Pemkot Surabaya berencana memindahkan nama jalan Bung Tomo ke kawasan kompleks Gelora Bung Tomo (GBT), Benowo. Sedangkan Jl Bung Tomo yang di Ngagel itu akan diubah menjadi Jl Kencana.

Cak Ji beserta jajaran DPRD Kota Surabaya pun menolak pemindahan nama jalan tersebut. Bukan tanpa alasan.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved