Berita Sidoarjo

Banyak Masalah, Frontage Road Sidoarjo Sulit Terwujud Sesuai Target

Rencana pembangunan frontage road untuk mengatasi kemacetan di sepanjang Waru sampai Buduran, Sidoarjo, sepertinya bakal sulit terwujud

Banyak Masalah, Frontage Road Sidoarjo Sulit Terwujud Sesuai Target
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Lahan di depan SMA Hangtuah sampai depan Brigif sepanjang 1,25 Km milik TNI yang dimohon untuk dihibahkan guna keperluan frontage road di Sidoarjo. Pemkab mendapat lampu hijau untuk permohonan ini. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Rencana pembangunan frontage road untuk mengatasi kemacetan di sepanjang Waru sampai Buduran, Sidoarjo, sepertinya bakal sulit terwujud sebagaimana target yang ditentukan. Ini karena proses pembebasan lahan yang tak kunjung tuntas.

Ada sejumlah persoalan yang sejauh ini menjadi kendala dalam proses pembebasan lahan. Masalah-masalah itu terungkap dalam rapat bersama yang digelar Kantor Pertanahan Sidoarjo dan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) di Pendopo Sidoarjo, Senin (15/7/2019).

Menurut Kepala DPUBMSDA, Sunarti Setyaningsih, peta bidang yang sudah dibuat Kantor Pertanahan Sidoarjo belum diumumkan. Kemudian masalah lain karena pemilik lahan yang tidak sepakat dengan nilai appraisal belum dikonsinyasi.

Selain itu, lanjutnya, pembangunan fisik belum bisa dilakukan karena sesuai pertimbangan BPK ada lahan hibah TNI AL yang belum tuntas.

"Berkas serah terima hibah lahan itu masih di kementerian Keuangan," ujar Naning, panggilan Sunarti Setyaningsih.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Pengadaan Tanah Kantor Pertanahan Sidoarjo, Ferri Saragih, menyampaikan bahwa peta bidang sudah dibuat, namun belum disampaikan karena harus dibenahi.

"Sebab peta bidang itu belum memuat detil informasi," tukas Ferri.

Sejauh ini, lanjutnya dari total lahan yang harusnya dibebaskan sebanyak 254 bidang, baru 60 yang sudah tuntas dibayar. Selebihnya sebanyak 194 belum terbayar.

Diuraikan bahwa sebelum lahan dibebaskan, kantor pertanahan harus membuat peta bidang.

Sebanyak 228 lahan sudah diterbitkan peta bidang, 26 bidang belum karena kantor pertanahan belum memiliki data yang lengkap.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved