Citizen Reporter

Mahasiswa UTM Bantu Ibu-ibu PKK di Bangkalan Kembangkan Produk Keripik Gadung

Pelatihan pengolahan keripik gadung ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat Desa Petapan

Mahasiswa UTM Bantu Ibu-ibu PKK di Bangkalan Kembangkan Produk Keripik Gadung
ist/citizen reporter
Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura bersama warga desa yang didampingi membuat keripik gadung. 

SURYA.co.id | Kelompok mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang mengikuti program KKN Mandiri tahun 2019, mendampingi para ibu PKK di desa Petapan, kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, mengembangkan produk unggulan desa setempat, keripik gadung

Dalam KKN Mandiri 2019 ini, mahasiswa membuat pelatihan pengembangan produk, mulai dari proses produksi hingga pemasaran. 

"Kegiatan ini juga mensosialisasikan perizinan PIRT (Produk Industri Rumah Tangga). Pengenalan PIRT menjadi peluang bagi masyarakat yang ingin membangun usaha rumahan. Sehingga, produk yang dihasilkan mendapat kepercayaan dari konsumen,"  kata Koordinator tim KKN 87 UTM, Nur Rohman. 

Pelatihan pengolahan keripik gadung ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat Desa Petapan, bahwa keripik gadung dapat diolah dengan varian rasa dan dikemas menarik sehingga memiliki nilai jual tinggi.

Nur Rohman menambahkan, inovasi perlu diciptakan dalam meningkatkan nilai ekonomis serta nilai tawar dari keripik gadung.

Salah satu inovasi yang dapat diciptakan adalah membuat varian rasa pada kripik gadung serta pengemasan yang menarik.

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari ibu-ibu PKK.

Maimunah, salah satu warga desa dan sekaligus anggota PKK  mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut.

Melalui kegiatan yang telah dilaksanakan ini, perempuan 45 tahun tersebut berharap berbagai inovasi yang ditawarkan oleh mahasiswa UTM dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Petapan.

Penulis : Mahasiswa Universitas Trunoyojo Madura, Sita Nauli Lumban Tobing

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved