Berita Gresik

PDAM Gresik Gandeng PDAB Provinsi Jawa Timur, Agar Air Bersih Mampu Menjangkau Masyarakat

Selama ini PDAM Gresik belum memenuhi kebutuhan supply air bersih karena kapasitas produksi dengan jumlah pelanggan yang ada terpaut jauh.

PDAM Gresik Gandeng PDAB Provinsi Jawa Timur, Agar Air Bersih Mampu Menjangkau Masyarakat
Internet
Ilustrasi air bersih 

SURYA.co.id | GRESIK - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Gresik menggandeng Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Provinsi Jawa Timur. Hal ini merupakan upaya meningkatkan kapasitas produksi air agar menjangkau masyarakat.

Direktur Utama PDAM Gresik, Siti Aminatus Zahriyah mengaku dengan kerjasama itu, maka PDAM Gresik akan mendapatkan pasokan air bersih sebesar 100 liter perdetik.

Pihaknya membagi dua tahapan. Pada tahapan pertama kapasitas produksi sebesar 50 liter perdetik. Sedangkan tahapan kedua 50 liter perdetik akan terpenuhi pada tahun kedua.

"Saat ini tengah melakukan pembahasan menuju penandatanganan kerjasama penyaluran air minum curah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Mojokerto, Lamongan, Gresik (Mojolagres)," ujarnya, Sabtu (13/7/2019).

Siti menjelaskan, selama ini PDAM Gresik belum memenuhi kebutuhan supply air bersih karena kapasitas produksi dengan jumlah pelanggan yang ada terpaut jauh.

Saat ini kapasitas air bersih yang diproduksi PDAM Gresik hanya sekitar 1.252 liter per detik, sedangkan jumlah pelanggan rumah tangga PDAM mencapai 96.500 Sambungan Rumah Tangga (SRT). Jumlah itu belum ditambah dengan pelanggan industri yang mencapai 200 sambungan.

“Pada tahun ini kami akan melakukan penambahan 5.000 SRT. Jika dijumlah yang sudah existing mencapai 101.000 SRT. Berapapun jumlah air yang dipasok akan selalu kurang," jelasnya.

Dirinya berharap dalam waktu dekat kontrak dapat ditandatangani. Kerjasama SPAM Mojolagres dengan PDAB, nantinya PDAM akan membeli air curah untuk pelanggan di tiga kecamatan yakni Cerme, Benjeng dan Balongpanggang.

"Sehingga masyarakat bisa merasakan air bersih,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PDAB Jatim Joko Triono mengatakan proyek SPAM Mojolagres merupakan upaya Pemprov Jatim dalam mengatasi kekurangan air bersih di sejumlah daerah.

Proyek tersebut awalnya dikembangkan kali pertama 2015 dengan kapasitas produksi 200 liter per detik. Saat ini, pipa air dibangun PDAB sudah sampai di Balongpanggang.

“Waktu itu, proyek penyediaan air minum hanya menyasar wilayah Mojokerto dan Lamongan. Seiring perkembangan, Pemkab Gresik mengajukan surat ke Gubernur Jatim supaya proyek SPAM regional dirasakan oleh masyarakat Gresik,” tandasnya.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved