Pemkab Jember Fasilitasi Pemulangan Jenazah TKI Ilegal

Pemkab Jember memfasilitasi pemulangan jenazah Sumhadi, TKI ilegal asal Jember yang meninggal dunia di Malaysia karena sakit.

Pemkab Jember Fasilitasi Pemulangan Jenazah TKI Ilegal
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Warga membantu mengangkat peti berisi jenazah Sumhadi, TKI ilegal asal Jember yang meninggal dunia di Malaysia. 

SURYA.co.id | JEMBER - Wakil Bupati Jember, KH Abdul Muqit Arief mengimbau masyarakat Jember untuk menempuh jalur legal dalam mencari pekerjaan di luar negeri.

"Semua para perantau agar menempuh jalan legal, supaya jika terjadi apa-apa itu lebih mudah pengurusannya," kata Kiai Muqit usai penyerahan jenazah Sumhadi (35), Jumat (12/7/2019).

Sumhadi merupakan warga Desa Jamintoro, Kecamatan Sumberbaru yang meninggal di Malaysia setelah menjalani perawatan di rumah sakit. Pria yang selama di Malaysia dipanggil Matjuri ini menderita kanker usus.

Menurut Kiai Muqit jenazah Sumhadi alias Matjuri dipulangkan oleh Pemerintah Kabupaten Jember.

Sebelumnya, saat menjalani perawatan di rumah sakit, sebenarnya pria yang menjadi TKI ilegal ini akan dipulangkan oleh Pemkab Jember.

Namun, karena aturan maskapai penerbangan, Sumhadi harus tetap dirawat di rumah sakit di Malaysia agar kondisinya bisa memungkinkan untuk pulang.

Namun takdir berkata lain. Pria yang telah menjadi TKI sejak tahun 2014 ini menghembuskan nafas terakhirnya.
Semula ia didiagnosa sakit TBC. Terakhir sebelum meninggal ia dinyatakan menderita kanker usus.

Untuk memulangkan jenazah Sumhadi, Pemerintah Kabupaten Jember dibantu oleh berbagai pihak, termasuk Kedutaan RI di Malaysia.

Wabup Muqit mengungkapkan, kendala dalam pemulangan jenazah Sumhadi adalah soal administrasi. Sebab, Sumhadi menjadi TKI secara ilegal.

Selain Sumhadi, satu lagi jenazah warga Sumberbaru yang meninggal di Malaysia masih dalam proses. TKI itu bernama M Ilham. Dia juga berangkat secara ilegal.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved