Berita Blitar

Dindik Kota Blitar Usulkan Tambahan Anggaran Rp 2,6 Miliar di PAK APBD 2019, Ini Tujuannya

Dindik Kota Blitar mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 2,6 miliar di PAK APBD 2019 untuk perbaikan sejumlah SD di Kota Blitar

Dindik Kota Blitar Usulkan Tambahan Anggaran Rp 2,6 Miliar di PAK APBD 2019, Ini Tujuannya
surya/irwan syairwan
Ilustrasi sekolah rusak 

SURYA.co.id | BLITAR - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Blitar mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 2,6 miliar di pembahasan perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2019 ini. Anggaran itu digunakan untuk perbaikan sejumlah SD di Kota Blitar.

Sekretaris Dindik Kota Blitar, Dindin Alinurdin, mengatakan sebenarnya rencana perbaikan sejumlah SD akan dilaksanakan pada 2020. Tetapi, pada pembahasan PAK 2019, ada pemanfaatan dana sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) yang nilainya lumayan tinggi.

Akhirnya, dinas mengusulkan tambahan anggaran untuk perbaikan sejumah SD di pembahasan PAK 2019. Anggaran yang diusulkan sebesar Rp 2,6 miliar untuk perbaikan sebanyak 26 SD. Sejumlah SD itu akan dilakukan perbaikan ringan.

"Kami usulkan anggaran untuk sejumlah kegiatan yang memungkinkan dapat dilaksanakan di sisa tahun ini," kata Dindin, Jumat (12/7/2019).

Dikatakannya, anggaran itu digunakan untuk perbaikan sejumlah fasilitas di sekolah, misalnya, perbaikan ruang kelas, musala, pagar, kantin, dan jamban di sejumlah sekolah.

"Proses perbaikannya skala ringan. Biar waktu pekerjaannya bisa selesai akhir tahun," ujarnya.

Menurutnya, perbaikan fasilitas di sejumlah sekolah itu juga untuk mendukung program layak anak di Kota Blitar.

Untuk mendukung program layak anak, fasilitas di dunia pendidikan juga harus ditingkatan. Misalnya, kantin dan jamban di sekolah harus ramah dengan anak-anak.

"Ini juga bagian pemerataan fasilitas pendidikan di sekolah. Jumlah SD di Kota Blitar ada 48 sekolah. Secara bertahap akan kami perbaiki fasilitanya agar lebih nyaman," pungkasnya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved