8 Politisi PKB Jalani Tes untuk Jadi Ketua DPRD Sidoarjo

Delapan orang anggota DPRD Sidoarj terpilih dari PKB menjalani fit and proper test untuk menjadi Ketua DPRD Sidoarjo.

8 Politisi PKB Jalani Tes untuk Jadi Ketua DPRD Sidoarjo
ist
Para politisi PKB di sela menjalani fit and proper test di DPP PKB, Jumat (12/7/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Teka-teki siapa yang bakal menjadi Ketua DPRD Sidoarjo periode 2019-2024 tampaknya bakal segera terjawab.

Sebab, delapan orang anggota dewan terpilih dari PKB sudah menjalani fit and proper test di DPP PKB di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Mereka adalah Sullamul Hadi Nurmawan yang sekarang menjabat sebagai Ketua DPRD Sidoarjo. Kemudian ada Riza Ali Faizin, Subandi, Usman, Dhamroni Khudori, Ainun Jariyah, Saiful Ma'ali, dan Abdillah Nasih.

PKB berhak mendapat jatah kursi ketua dewan karena meraih suara terbanyak atau menjadi pemenang dalam Pileg di Sidoarjo. Partai berbasis Nahdliyin ini meraih 16 kursi di DPRD Sidoarjo.

Dalam menentukan siapa jadi ketua dewan, DPC PKB sudah menggelar rapat internal yang dilanjutkan dengan mengirimkan nama delapan orang itu ke DPP PKB. 

Dari delapan nama itu, Wawan (panggilan Sullamul Hadi Nurmawan) terbilang paling berpeluang. Dibanding lainnya, warga Sukodono tersebut terhitung paling berpengalaman karena sudah satu periode menjabat Ketua DPRD Sidoarjo.

Ditanya tentang itu, Wawan menyabut semua calon memiliki peluang yang sama. "Iya ini masih di Jakarta. Tentang peluang, semua sama-sama berpeluang. Keputusan ada di DPP," jawabnya melalui WhatsApp, Jumat petang.

Demikian halnya disampaikan Riza Ali Faizin. Ketua Ansor Sidoarjo ini juga menyebut bahwa semua keputusan ada di tangan DPP PKB. Pihaknya mengaku siap menerima apapun keputusan partai.

"Proses fit and proper test sudah rampung malam hari ini. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Mohon doanya," ujar Riza melalui ponselnya, Jumat malam.

Tentang pengumuman dan sebagainya, dia menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan partai. "Selanjutnya, menjadi domain DPP," sambung lulusan UINSA Surabaya ini.

Di sisi lain, PDIP Sidoarjo juga sedang memilih dan memilah siapa anggota dewan terpilih yang bakal didudukkan sebagai Wakil Ketua DPRD Sidoarjo.

Dengan perolehan 9 kursi, partai berlambang banteng moncong putih tersebut berhak atas kursi wakil ketua dewan. "Masih proses, dan tentu kami akan menempatkan kader-kader terbaik sesuai kemampuannya untuk mengisi alat kelengkapan dewan," ujar Sumi Harsono, Ketua DPC PDIP Sidoarjo.

Siapa jadi wakil ketua, pimpinan fraksi, komisi dan sebagainya, menurut dia akan ditentukan melalui mekanisme partai. Dan tentu ada beberapa syarat serta kriterianya.

"Tentu kader yang sesuai kemampuannya, loyal ke partai, dan siap berjuang untuk kepentingan masyarakat Sidoarjo," imbuhnya.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved