Berita Surabaya

Sekolah Siapkan Materi MPLS Pembentukan Karakter dengan Kegiatan Luar Sekolah

Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) biasanya identik dengan kegiatan materi di dalam kelas

Sekolah Siapkan Materi MPLS Pembentukan Karakter dengan Kegiatan Luar Sekolah
verwati iriani/citizen reporter
MPLS rasa pop up 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) biasanya identik dengan kegiatan materi di dalam kelas. Namun, Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Jatim Wilayah Surabaya-Sidoarjo mengimbau adanya pembentukan karakter melalui kegiatan di luar sekolah untuk tahun ini.

Kepala SMAN 15 Surabaya, Johanes Mardijono, menjelaskan pihak sekolah telah mendapat juknis dari Dindik Jatim terkait pelaksanaan MPLS di rentang Senin sampai Jumat (15-19/7/2019). Selain itu, sekolah juga mendapat edaran himbauan dari Cabdin ada agar sekolah membuat kegiatan membangun karakter sebagai rangkaian MPLS di luar sekolah.

"Sekolah-sekolah memang sudah memasukkan nilai pembangunan karakter dalam rencana kegiatan MPLS, cuma Cabdin lebih mendorong kegiatan pembetukan karakter itu keluar dari lingkungan sekolah," kata Johanes.

MPLS 2019 SMA Digelar Pekan Depan, Dindik Sebut Siswa Baru Boleh Pakai Seragam SMP

Untuk itu sekolah dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA negeri memprogramkan kegiatan dibluar sekolah secara serentak pada hari ini, Kamis (18/7/2019).

"Nanti dibagi ada beragam divisi, seperti membersihkan lingkungan di taman, ke panti asuhan, ada yang keliponsos , ada yg ke madjid agung dan ada yang ke gereja. Ada juga yg ikut mengatur lalulintas seperti menyeberangkan pejalan kaki," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dindik Jatim Wilayah Surabaya-Sidoarjo, Sukaryanto, mengungkapkan khusus kota Surabaya, sekolah diminta menerapkan MPLS yang tidak hanya berupa materi.

"Upaya ini agar menghasilkan peserta didik yang memiliki karakter kuat, dan pada akhirnya dapat membantu meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh siswa," imbuh Sukaryanto.

Moment MPLS menurutnya menjadi waktu yang tepat untuk menunjukkan pada masyarakat aksi nyata dari peserta didik dalam kehidupan nyata di masyarakat.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved