PDI Perjuangan Punya Segudang Calon di Pilkada Sidoarjo 2020

Ketua DPC PDI Perjuangan Sidoarjo menyebut bahwa partainya punya segudang calon untuk pemilihan bupati Sidoarjo pada 2020 mendatang.

PDI Perjuangan Punya Segudang Calon di Pilkada Sidoarjo 2020
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Ketua DPC PDIP Sidoarjo Sumi Harsono (tengah) bersama sekretaris dan bendahara di sela acara rapat konsolidasi internal di Kantor DPC PDIP Sidoarjo, Rabu (10/7/2019) malam. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Ketua DPC PDI Perjuangan Sidoarjo menyebut bahwa partainya punya segudang calon untuk pemilihan bupati Sidoarjo pada 2020 mendatang. 

Meski demikian, kata dia, partai tetap harus memperhatikan perkembangan situasi politik dan berbagai hal untuk menentukan siapa yang bakal diusung dalam Pilkada Sidoarjo 2020.

Menurutnya, PDIP akan terus memantau semua perkembangan politik yang ada di Kota Delta. Dari sana, bakal terus dilakukan evaluasi untuk menimbang dan memilih, siapa bakal dicalonkan menjadi Bupati Sidoarjo.

"Ada waktunya, kapan harus melakukan pengamatan, evaluasi, dan kapan harus mengambil sikap untuk memutuskan. Semua ada prosedur dan tata caranya dalam partai," ungkap Sumi  setelah rapat konsolidasi internal di Kantor DPC PDIP Sidoarjo, Rabu (10/7/2019) malam.

Meski punya segudang calon, disebut dia bahwa dalam menentukan siapa diusung maju sebagai calon Bupati juga harus melewati sejumlah tahap. Selain itu, waktunya juga harus pas, tidak asal pilih.

"Tentu ada beberapa kriteria. Diantaranya, bukan orang yang serakah, bukan yang berambisi tanpa mempertimbangkan kapasitas dan kapabilitas," tukas politisi senior yang baru saja terpilih menjadi ketua DPC tersebut.

Dengan posisi 9 kursi di DPRD Sidoarjo, PDIP mengakui tidak bisa berangkat sendiri mengusung calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Sidoarjo tahun 2020 besok.

Karenanya, partai berlambang banteng moncong putih itupun harus membuka peluang untuk berkoalisi dengan partai lain.

"Komunikasi dengan teman-teman partai lain bagus. Jadi bagi kami tidak sulit untuk mencari koalisi dalam Pilkada Sidoarjo nanti," lanjut Sumi.

Rapat internal yang digelar itu sendiri, fokus utamanya adalah konsolidasi internal dan persiapan Pilkada Sidoarjo tahun 2020.

Dikatakan bahwa acara ini untuk menyamakan frekuensi antarpengurus agar segera melakukan kerja-kerja politik. Termasuk dalam melanjutkan program kepengurusan sebelumnya, konsolidasi, dan persiapan menyambut Pilkada Sidoarjo 2020.

Dalam waktu dekat, disebutnya juga ada agenda penting partai lainnya. Yakni konferensi tingkat daerah untuk membentuk kepengurusan DPD Jawa Timur. Kemudian akan ada kongres untuk membentuk kepengurusan DPP.

"Setelah kongres, bakal ada proses pembentukan pengurus ranting dan PAC. Itu rute konsolidasi kami," urainya.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved