Advertorial

BPWS Latih Gratis 120 IKM Madura, Dipoles Maksimal Produk Mampu Tembus Pasar Internasional

Peserta akan dilatih membuat kemasan yang memberi nilai jual di pasar modern, manajemen, akses non perbankan

BPWS Latih Gratis 120 IKM Madura, Dipoles Maksimal Produk Mampu Tembus Pasar Internasional
surya.co.id/ahmad faisol
BPWS kembali┬ámemberikan pelatihan kepada 120 Industri Kecil Menengah (IKM) di Pamekasan dan Sumenep. 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Selama tahun 2019 ini, BPWS kembali memberikan pelatihan kepada 120 Industri Kecil Menengah (IKM) di Pamekasan dan Sumenep.

Hal serupa sukses digelar BPWS terhadap 180 IKM di Bangkalan dan Sumenep pada tahun 2018. 

Tak tanggung-tanggung, BPWS bekerjasama dengan INOPAK Institute  untuk menggandeng pemerintah Jerman melalui Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit GmbH (GIZ).

Kepala Divisi Hubungan kelembagaan dan Komunitas Masyarakat BPWS, Djoni Iskandar mengungkapkan, pemberian pelatihan secara gratis terhadap ratusan IKM itu merupakan upaya BPWS untuk menggenjot perekonomian Madura. 

“Kami membantu dalam pelatihan ini untuk meningkatkan nilai produk, membangun mindset agar IKM di Madura dapat berkembang pesat, menyasar market premium dan pasar internasional. Sehingga menggerakkan sektor ekonomi kerakyatan,” ungkapnya.  

Ketua INOPAK Institute, Alfin NF Mufreni mengatakan, para peserta akan dilatih membuat kemasan yang memberi nilai jual di pasar modern, manajemen, akses non perbankan, dan pemasaran hingga segmen pasar internasional.

“Mindset nya kami reset ulang agar para pelaku IKM ini bisa menyesuaikan dengan segmen pasar modern. Bisa menyulap produksinya menjadi produk yang memiliki daya saing besar. Dengan demikian, keuntungan akan meningkat, pasar akan terbuka luas dan sudah barang tentu mendorong dinamika perekonomian daerah,” katanya. 

Dalam pelatihan, para peserta memang dipoles mindsetnya, produknya, teknik pemasarannya hingga dibuatkan toko online.

Salah satu peserta pelatihan angkatan 2018, Ratna memaparkan, produk para peserta telah mampu menembus sejumlah pasar luar negeri.

Di antaranya, Eropa, Saudi, Filipina, Jepang, Hongkong, Australia, hingga Malaysia. 

Halaman
123
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved