Berita Situbondo

656 CJH Situbondo Mengikuti Manasik Haji, Ini Tujuannya

Sebanyak 656 calon jamaah haji (CJH) Situbondo mengikuti manasik haji secara massal di lapangan sepakbola Muhammad Abdurrahman Saleh

656 CJH Situbondo Mengikuti Manasik Haji, Ini Tujuannya
surya/izi hartono
Ratusan CJH Situbondo sedang mengikuti manasik haji secara massal di lapangan sepakbola Muhammad Abdurrahman Saleh Situbondo. 

SURYA.co.id | SITUBONDO - Sebanyak 656 calon jamaah haji (CJH) Situbondo mengikuti manasik haji secara massal di lapangan sepakbola Muhammad Abdurrahman Saleh, Rabu (10/07/2019). Manasik haji massal yang berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB tersebut digelar oleh Kementrian Agama (Kemenag) Situbondo.

Kepala Kemenag Situbondo, Misbahul Munir, mengatakan tujuan dilaksanakannya manasik haji bagi CJH itu agar bisa melaksanakan ibadah haji secara mandiri ketika berada di Tanah Suci Mekkah.

"Meskipun nanti mereka tertinggal dari regunya, paling tidak CJH Situbondo tetap dapat melaksanakan ibadahnya," ujar Misbahul Munir disela acara manasik haji kepada sejumlah wartawan.

Sejauh ini, pihaknya telah melakukan bimbingan teknis sebanyak delapan kali kepada ratusan CJH yang akan diberangkat tahun 2019 ini.

"Dengan manasik haji ini, maka para CJH bisa melakukan sesuai dengan bimbingan yang diajarkan," sambungnya.

Dikatakan, dari total sebanyak 656 CJH yang diberangkatkan tahun ini, akan dibagi menjadi dua kloter, yakni kloter 42 dan kloter 43.

"Dari 656 CJH, 300 CJH berisiko tinggi," ungkapnya.

Ratusan CJH berisiko tinggi itu, dikarenakan mereka sedang sakit dan lanjut usia.

"Bagi CJH berisiko tinggi mereka akan mendapat pembekalan khusus dari tim medis, salah satunya buku yang menjelaskan kondisi penyakit CJH dan obat yang harus diminum dengan pengawasan tim medis," paparnya.

Ratusan CJH asal Situbondo akan diberangkatkan pada tanggal 19 Juli 2019 oleh Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto di Pemkab Situbondo.

"Untuk pelepasan seremonialnya nanti di Pendopo pada tanggal 16 Juli 2019," pungkasnya.

Penulis: Izi Hartono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved