Berita Blitar

Penari dari Berbagai Daerah Ramaikan Festival Panji Nusantara 2019 di Blitar

Kemdikbudm Disparbud Jatim, dan Disparbudpora Kabupaten Blitar, menggelar Festival Panji Nusantara 2019

Penari dari Berbagai Daerah Ramaikan Festival Panji Nusantara 2019 di Blitar
surya/samsul hadi
Kelompok tari dari ISI Solo melakukan gladi bersih sebelum pementasan di Festival Panji Nusantara, Selasa (9/7/2019). 

SURYA.co.id | BLITAR - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Disparbud Provinsi Jatim dan Disparbudpora Kabupaten Blitar menggelar Festival Panji Nusantara 2019. Acara itu digelar di kompleka Amphiteater Penataran, Nglegok, Kabupaten Blitar selama dua hari mulai Selasa (9/7/2019)-Rabu (10/7/2019).

Festival Panji Nusantara menampilkan bermacam kesenian tari soal cerita Panji. Selain itu, juga ada pemutaran film dan pembacaan puisi tentang Panji dalam acara itu. Acara ini menghadirkan kelompok tari dari beberapa daerah di Indonesia.

"Acara berlangsung dua hari dan dibuka mulai malam ini," Kabid Kebudayaan Disparbudpora Kabupaten Blitar, Hartono.

Pada hari pertama, Festival Panji akan diisi dengan pemutaran film animasi dengan judul Jaka Kembang Kluntung, Tari Porem Bolkiyoh, oembacaan puisi Panji, pementasan kesenian Panji dari ISI Solo, pementasan Tarian Topeng dari Kutai Kartanegara (Kaltim), dan pertunjukan tari Cekak Aos dari Bojonegoro.

Sedangkan pada hari kedua diisi pemutaran film animasi dengan judul Semirang, tari anak-anak, pertunjukan tari Sanggar Miroto dari ISI Yogyakarta, pertunjukkan tari dari Sanggar Jaka Baru Jawa Barat, dan pertunjukkan drama tari Sang Setyawan dari Sanggar Pendopo Blitar.

Selain di Blitar, Festival Panji Nusantara juga akan digelar enam kota/kabupaten lain, yaitu di Kota dan Kabupaten Kediri, Tulungagung, Pasuruan, Kota Malang, dan Surabaya.

Pembukaan Festival Panji Nusantara dilakukan di Kabupaten Blitar.

Kabupaten Blitar dipilih menjadi tempat menggelar Festival Panji Nusantara karena masih ada keterikatan dengan cerita Panji.

Ada peninggalan relief cerita Panji di Pendapa Teras yang berada di kompleks Candi Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Menurutnya, relief cerita Panji di Pendapa Teras Candi Penataran bisa dibilang paling lengkap.

Relief itu menggambarkan beberapa cerita Panji mulai Bubuk Sah Gagang Aking, Sri Tanjung, Sang Setyawan, dan Cerita Panji sendiri.

"Tahun lalu juga digelar Festival Panji Nusantara di sini (Candi Penataran). Ketika itu menghadirkan kelompok tari dari Kamboja dan Thailand," katanya.

Cerita Panji sendiri menampilkan tokoh utama Raden Inu Kertapati, putera mahkota Kerajaan Jenggala dan kekasihnya Dewi Sekartaji, puteri Kerajaan Daha.

Cerita Panji sangat populer di masyarakat dan cepat berkembang ke Nusantara bahkan ke Asia Tenggara terutama di Malaysia, Kamboja, dan Thailand.

Sastra Panji sendiri lahir pada abad 14 ketika era Kerajaan Majapahit.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved