Pemkot Surabaya Klarifikasi Kabar Tarif Sewa GBT Naik 15 Kali Lipat. Ini Penjelasannya

Pemkot Surabaya mengklarifikasi kabar tarif sewa stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya naik hingga 15 kali lipat. Berikut penjelasan kepala Bappeko

Pemkot Surabaya Klarifikasi Kabar Tarif Sewa GBT Naik 15 Kali Lipat. Ini Penjelasannya
surya/dya ayu
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemkot Surabaya mengklarifikasi kabar tarif sewa stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya naik hingga 15 kali lipat.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) soal tarif sewa stadion tersebut, mematok harga Rp 444 juta dengan sewa per jam mencapai Rp 22 juta.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Ery Cahyadi, meluruskan bahwa angka Rp 444 juta tersebut memang terdengar tinggi, tetapi angka tersebut dipatok untuk hitungan sewa per hari, dan tidak disamaratakan untuk tiap kegiatan.

"Memang ada perbedaan harga (dibanding Perda no 13 tahun 2010). Tetapi kegiatan sosial dan Persebaya ada di titik berbeda. Banyak yang menyangka tarif dinaikkan 15 kali lipat, jadi Persebaya diusir harus latihan di kota lain, padahal tidak begitu," jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/7/2019).

Ia mencontohkan dengan harga sewa sebuah gedung.

Ketika digunakan untuk pernikahan dibanding dengan kegiatan pendidikan, pasti tarif yang dipatok berbeda.

Sehingga, tarif Rp 444 juta bukan harga sewa lapangan untuk latihan, melainkan untuk kegiatan lain seperti pertandingan internasional.

Nantinya, bila Raperda hasil usulan Dispora ini disahkan dan ditindaklanjuti Peraturan Wali Kota (Perwali), ia menyebut akan ada daftar harga yang berbeda untuk tiap kegiatan.

"Nanti bakal ada kategorinya. (Tarif sewa) pertandingan internasional sama Persebaya latihan, kan pasti beda dong. Untuk konser juga beda, laga amal, dan lain-lain, juga beda," terangnya.

Sewa pun dihitung dari lamanya pemakaian lapangan.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved