KPU Sidoarjo Ikut Sidang Gugatan Caleg Gerindra di Mahkamah Konstitusi

KPU Sidoarjo bakal ikut dalam sidang perdana sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) yang diajukan oleh caleg Gerindra.

KPU Sidoarjo Ikut Sidang Gugatan Caleg Gerindra di Mahkamah Konstitusi
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Ketua KPU Sidoarjo, M Iskak 

SURYA.co.id | SIDOARJO - KPU Sidoarjo bakal ikut dalam sidang perdana sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK), Senin 9 Juli 2019.

Itu merupakan jadwal sidang perdana terkait permohonan gugatan Caleg DPRD RI dari Partai Gerindra Bambang Haryo.

"Yang ikut sidang di MK besok, pak Taufik dan bu Miftah (keduanya komisioner KPU Sidoarjo)," ungkap Ketua KPU Sidoarjo M Iskak, Senin (8/7/2019).

Menurutnya, KPU diminta oleh MK untuk menyiapkan alat buktinya. Sudah beberapa kali pula, komisioner KPU bergantian datang ke MK untuk menyerahkan bukti yang dibutuhkan.

"Nah, tanggal 9 besok itu kan sidang permulaan. Kami diminta untuk ikut, dan dari situ kami akan tahu, alat bukti apa yang mungkin kurang atau dibutuhkan lagi," sambung dia.

Jika ada alat bukti yang dirasa kurang, kemudian KPU akan melengkapinya. Tapi jika sudah cukup, tentu KPU hanya sekedar hadir dan melihat langsung proses persidangannya.

Dalam gugatan yang dilayangkan ke MK, Bambang Haryo mempersoalkan perolehan suara Rahmat Muhajirin. Keduanya sama-sama caleg Partai Gerindra Dapil Jatim 1 Surabaya-Sidoarjo.

Pada Pileg 2019 lalu, Rahmat mendapat 86.274 suara. Sementara, Bambang Haryo memperoleh 52.451 suara.

Tim Relawan Rahmat Muhajirin Sebut Gugatan Bambang Haryo ke Mahkamah Konstitusi Tidak Mendasar

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved