Gubernur Khofifah Kaji Rencana Penambahan APBD Perubahan 2019 dari Silpa 2018

Pemerintah Provinsi Jatim mengkaji rencana memasukkan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) APBD Jatim tahun 2018 kedalam perubahan APBD 2019

Gubernur Khofifah Kaji Rencana Penambahan APBD Perubahan 2019 dari Silpa 2018
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat berswafoto dengan beberapa mahasiswa usai menghadiri Rapat Paripurna di DPRD Jatim, Senin (8/7/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur sedang mengkaji rencana memasukkan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) APBD Jatim tahun 2018 kedalam perubahan APBD tahun 2019.

Namun sebelum hal itu diputuskan, Pemprov Jatim akan melakukan pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jatim terlebih dahulu.

Berdasarkan penjelasan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, pihaknya bersama DPRD Jatim, tengah mematangkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sebelum menyelesaikan RPJMD.

"RKP sebenarnya hari ini sudah final. Namun, untuk bisa benar-benar final (keputusan), kami masih menunggu (keputusan) RPJMD supaya nyambung," kata Khofifah yang ditemui setelah Sidang Paripurna DPRD Jatim di Gedung DPRD Jatim, Senin (8/7/2019).

Apabila RPJMD telah selesai, maka pihaknya akan menyinkronkan dengan RPKD dan selanjutnya untuk membahas APBD, di antaranya P-APBD 2019.

"Termasuk juga untuk merencanakan APBD 2020," kata Khofifah.

Rencananya, Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang RPJMD ini akan diputuskan tengah pekan ini, Rabu (10/7/2019).

"Nanti akan dibahas sebelum akhirnya diputuskan," tandas Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama ini.

Silpa APBD Jatim tahun anggaran 2018 mencapai Rp4,565 triliun. Hal ini terdiri dari tiga hal, yakni pendapatan daerah yang melampaui target, senilai Rp1,980 triliun. Kemudian, penghematan belanja sebesar Rp2,583 triliun. Hingga pembiayaan neto sebesar Rp1,5 miliar.

Perda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018 telah setujui dan diputuskan oleh DPRD melalui Rapat Paripurna DPRD Jatim, Senin (8/7/2019). Sebagai tindak lanjut, Gubernur Khofifah akan berkomunikasi dengan Kementerian Dalam Negeri.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved