Berita Gresik

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj Beli Karya Pelukis Asal Gresik saat Rakornas Lesbumi 2019

Muhammad Riyanto (45), pelukis asal Kota Pudak Gresik kagum dengan terjualnya lukisan yang dibeli oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul 'Ulama ( P

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj Beli Karya Pelukis Asal Gresik saat Rakornas Lesbumi 2019
SURYA.co.id/Sugiyono
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menerima penjelasan dari Riyanto (baju batik biru) saat mengunjungi pameran lukisan diacara Rakernas Lesbumi, Sabtu (6/7/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Muhammad Riyanto (45), pelukis asal Kota Pudak Gresik kagum dengan terjualnya lukisan yang dibeli oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul 'Ulama ( PBNU) KH Said Aqil Siradj saat acara Rakornas Lesbumi di Taman Candra Wilwatikta Pasuruan.

Dalam pameran tersebut, pria kelahiran Gresik 26 Desember 1974 ini menampilkan lukisan bertema Islam Nusantara. Sehingga, bisa membuat KH Said Aqil tertarik dan berminat untuk membelinya.

"Beliau sangat terinspirasi dengan tema lukisan tentang Islam Nusantara, karena batik saya Batik Nusantara," kata Riyanto yang tinggal di Perumahan Grend Sutomo, Gresik, Sabtu (6/7/2019).

Lukisan tersebut dibuat satu persatu dalam mangkok yang bertuliskan Asmaul Husna. Sehingga warna-warni mangkok menjadi tanda tersirat bahwa masyarakat Indonesia majemuk dan berbagai suku dan agama.

"Dan herannya, saya buat satu persatu. Kemudian saya jelaskan maksud dan tujuan pembuatan karya itu. Bahwa dengan mudah islam masuk ke Nusantara tanpa ada gesekan di masyarakat," imbuhnya.

"Dari filosofi batik dalam lukisan itu, menggambarkan tentang busana khas Indonesia yang selalu harus dilestarikan sebab sudah diakui dunia," katanya.

Terkait harga lukisan yang dibeli KH Said Aqil Siradj, Riyanto enggan membukanya.

"Sungkan untuk mengatakannya. Yang penting Alhamdulillah sold," imbuhnya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved