Berita BUMN

PLN Sosialisasi Program Promo di Kelurahan Pakis Surabaya, ini Tips Gunakan Listrik Aman dan Hemat 

PT PLN (Persero) UP3 Surabaya Selatan, melalui Unit Pelayanan Pelanggan (UPL) Dukuh Kupang menggelar sosialisasi penggunaan listrik secara aman.

PLN Sosialisasi Program Promo di Kelurahan Pakis Surabaya, ini Tips Gunakan Listrik Aman dan Hemat 
SURYAOnline/sri handi lestari
Manajer PLN Dukuh Kupang, Tsani Alfian Habib (kanan) saat memberikan sambutan didampingi Lurah Pakis, Nuriati (tengah) dalam kegiatan Nangkring Bersama PLN di Kelurahan Pakis, Surabaya, Selasa (25/6/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT PLN (Persero) UP3 Surabaya Selatan, melalui Unit Pelayanan Pelanggan (UPL) Dukuh Kupang menggelar sosialisasi penggunaan listrik secara aman dan program promo PLN di Kelurahan Pakis, Selasa (25/6/2019).

Dalam kegiatan itu, perwakilan pengurus RT dan RW di wilayah kelurahan tersebut mendapat kesempatan untuk bertanya sekaligus mendapatkan informasi yang disampaikan petugas dari UPL Dukuh Kupang.

Manager PLN Dukuh Kupang, Tsani Alfian Habib, mengatakan saat ini PT PLN sedang melakukan kegiatan pemeliharaan jaringan yang salah satunya adalah melakukan pemotongan ranting-ranting pohon dan promo layanan.

"Pemotongan ranting-ranting pohon untuk menjaga keamanan dan kehandalan aliran listrik agar tidak ada kerusakan dan pemadaman. Sementara dalam program promo adalah diskon biaya pelayanan seperti tambah daya, pasang baru dan lainnya," kata Tsani mengawali kegiatan, didampingi Lurah Pakis, Nuriati.

Vory Goes Bartha Sitra, pejabat K3 PLN ULP Dukuh Kupang, kemudian memberi penjelasan tentang penggunaan listrik yang aman dan hemat.

"Antara lain gunakan listrik hanya saat lampu atau peralatan listrik diperlukan. Gunakan lampu dan peralatan listrik yang hemat, hindari penggunaan peralatan listrik berulang-ulang, misalnya, memompa air dan menyeterika sedikit," jelas Vory.

Kemudian menggunakan isolasi yang kurang baik untuk penyambungan kabel. Dan penggunaan peralatan listrik sesuai dengan standard aturan dan peruntukan. Jauhkan alat listrik dari jangkauan anak kecil, sumber uap dan air.

Juga hindari penumpukan stop kontak pada satu titik atau pemakaian beberapa peralatan pada satu stop kontak.

Matikan sekering pengaman saat memperbaiki sambungan listrik. Hindari pencurian arus listrik, karena dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain dan membahayakan lingkungan sekitar.

"Seperti contoh, beberapa waktu yang lalu ada pembangunan rumah di kawasan Putat, pemasang asbes yang mengenai kabel listrik. Terjadi setrum dan pekerja yang melakukan mengalami cidera. Jadi berhati-hati dan selalu informasikan kegiatan yang terkait jaringan atau kabel listrik, agar kami dukung keamanannya," tambah Vory.

Sementara itu, program dari PLN yang cukup mendapat respons dari undangan yang hadir adalah diskon "menembus batas".

Yaitu diskon 50 persen khusus pelanggan Rumah Tangga (RT) 220 VA sampai dengan 197 kVA. Diskon 75 persen bagi pelanggan yang membeli kompor listrik atau motor listrik.

"Jadi yang membeli, punya, kemudian mengoperasionalkan, ada diskon tarif pelanggan," jelas Mariska, petugas dari ULP Dukuh Kupang.

Kemudian diskon 100 persen untuk pelanggan yang memiliki mobil listrik. Promo ini merupakan upaya PLN untuk meningkatkan penggunaan sumber daya energi yang lebih hemat dan ramah lingkungan.

Program promo dengan nama Gemerlap Lebaran 2019 yang juga memberikan diskon tambah daya, 50 persen khusus pelanggan 220 VA - 197 VA dan 100 persen untuk rumah ibadah, berlaku hingga 30 Juni 2019.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved