Berita Surabaya

Dampak Sistem Zonasi dan Tambah Pagu PPDB Surabaya,  SMP Swasta di Surabaya Utara Dapat 2 Murid

Dampak dari sistem PPDB Zonasi hingga menambah pagu SMP negeri makin berdampak serius.

Dampak Sistem Zonasi dan Tambah Pagu PPDB Surabaya,  SMP Swasta di Surabaya Utara Dapat 2 Murid
SURYAOnline/nuraini faiq
Kepala Bappeko Eri Cahyadi didampingi Kabid Pendidikan Dasar dan Menengah Dindik Surabaya Sudarminto menjelaskan aturan baru PPDB Surabaya 2019, Rabu (27/3/2019). Dampak PPBD Zonasi dan tambah pagu PPDB Surabaya akibatkan banyak guru sekolah swast terancam PHK karena tidak dapat murid. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dampak dari sistem PPDB Zonasi hingga menambah pagu SMP negeri makin berdampak serius. Tidak saja hampir semua sekolah swasta di Surabaya tidak dapat murid. Saat ini mulai dicemaskan pengurangan guru besar-besaran

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP swasta Erwin Darmogo menuturkan bahwa beberapa hari belakangan ini banyak guru di lingkungan sekolah swasta cemas. Jika kondisi tidak makin membaik akan ada opsi merumahkan guru. 

"Saya sudah mendengar SMP Swasta di Surabaya Utara ada yang sudah memanggili para gurunya untuk opsi merumahkan guru. Ini sudah sampai pada titik Nazir buruknya sistem pendidikan di Surabaya," ungkap Erwin. 

Bahkan langkah pengurangan guru besar-besaran itu terjadi di sebuah sekolah besar di Surabaya Utara.

Erwin masih akan berkoordinasi dengan semua sekolah untuk menyikapi situasi sulit yang dihadapi SMP swasta. 

"Ini tidak main-main. Baru terjadi dalam sejarah pendidikan di kota ini hingga menjadikan sekolah swasta dalam situasi tertekan. Sebelumnya kami berjalan relatif berimbang bersama-sama sekokah negeri," ucap Erwin. 

Kabar bahwa sekolah yang akan merumahkan para guru itu bukan hanya khabar main-main. Erwin mengaku sudah mendapat kepastian tersebut. Setidaknya dua sekolah sudah ada rencana rasionalisasi kepada para guru mereka.

Atas kondisi banyak PHK guru swasta saat PPDB berlangsung itu, pemkot harus ikut bertanggung jawab. Apalagi PPDB tahun ini, Dinas Pendidikan Kota Surabaya membuat kebijakan penambahan pagu yang luar biasa. Yang disesalkan, sekolah swasta tidak diajak bicara. 

Dari sebelumnya pagu SMP negeri yang 18.000-an membengkak hingga 25.000-an. Artinya ada 7.000 lulusan SD masuk di SMP negeri. Bisa jadi jumlah itu akan sekolah di swasta. Total lulusan SD di Surabaya tahun ini sekitar 41.000 .

"Yang pasti sudah ada dua SMP Swasta di Surabaya yang akan melakukan opsi PHK guru mereka. Ini karena sekolah tahun ini tidak dapat murid. Darimana menggaji guru kalau tidak ada muridnya," kata Erwin. 

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved