Poprov Jatim 2019

Api Porprov Jatim 2019 Disambut Meriah, Lamongan Siap Gelar Pembukaan di Stadion Surajaya

Api Porprov 2019 yang dibawa dari Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik dan Surabaya tiba kembali di Lamongan, Jumat (5/7/2019)

Api Porprov Jatim 2019 Disambut Meriah, Lamongan Siap Gelar Pembukaan di Stadion Surajaya
Surabaya.Tribunnews.com/Hanif Manshuri
Sekab Lamongan, Yuhronur Efendi (kanan) saat menerima api Porprov Jatim 2019, Jumat (5/7/2019). 

SURYA.co.id |LAMONGAN - Api Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) Jawa Timur VI 2019 yang dibawa dari Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik dan Surabaya akhirnya tiba kembali di Lamongan, Jumat (5/7).

Obor Api Poprov diterima Ketua Pelaksanan, Yuhronur Efendi di wilayah perbatasan Gresik - Lamongan, tepat di jalan raya Pandan Pancur Kecamatan Deket.
Api yang diambil dari sumber api abadi Kayangan Api Bojonegoro secara estafet dari Sekkab Yuhronur diserahkan kepada Camat Deket, Djoko.

Tak berhenti sampai disitu, para siswa yang lembaga pendidikannya di sepanjang jalan juga menyambut kedatangan api Porprov.

Masyarakat dan para siswa menyambut dengan pengibaran bendera mini mengiringi perjalanan obor yang oleh Camat Deket, Djoko dilepas ke tangan Camar Lamongan, Fatkhur Rozi tepat di jalan Veteran depan SMAN 2 Lamongan.

Tepat diperbatasan jalan Lamongan - Sanur Kecamatan Tikung, obor yang sudah keliling selama empat hari, dari Bojonegoro, Tuban, Gresik dan Surabaya itu diserah terimakan ke Camat Tikung, Zubairi.

Sekedar melintas di Tikung, api itu berlanjut dilarikan ke perbatasan Desa Puter Kecamatan Kembangbahu, Sambeng, Ngimbang dan di Kecamatan Kedungpring.

Sejenak disemayamkan di Pendopo Kecamatan Kedungpring sembari menunggu salat Jumat.
Usai salat Jumat, api diiringi rombongan sekitar pukul 13.00 WIB dibawa ke Babat, dan serah terimannya dilakukan di pertigaan jalan Nguwok.

Sehari ini lepas Babat, api akan melintas di Kecamatan Pucuk, Sukodadi,Turi, Sugio dan hingga ke Pendopo Lamongan.

"Api dibawa para pelari di sejumlah kecamatan terhitung sepanjang 95 kilometer," kata Yuhronur.

Sehari semalam api disemayamkan dan pada Sabtu (6/7) pukul 18.00 WIB, api dibawa lari sejumlah pelari ke Stadion Surajaya dalam prosesi pembukaan Porprov Jatim VI 2019.

"Dengan porprov ini akan memberikan pembelajaran bagi para siswa untuk mencintai olahraga," kata Yuhronur.

Api yang akan menyala abadi di kaldron, menurut Yuhronur akan turut membakar semangat dan gelora para atlet jelang Porprov.

"Alhamdulillah kirab api Porprov sudah sampai di Lamongan. Selanjutnya api Porprov akan dikirab ke Stadion Surajaya untuk pembukaan," kata Yuhronur.

Di Stadion Surajaya untuk memulai Porprov yang ke VI yang akan menandingkan 40 cabang olahraga.

Porprov Jatim 2019 diselenggarakan di empat kabupaten, yakni Bojonegoro, Tuban, Lamongan, dan Gresik, 6-13 Juli 2019.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved