Tim SAR Jember Gelar Operasi Pencarian Nelayan yang Hilang Dalam Insiden Kapal Terbalik dI Lumajang

Basarnas Pos SAR Jember bersama sejumlah elemen melakukan operasi pencarian terhadap nelayan asal Desa Paseban Kecamatan Kencong

Tim SAR Jember Gelar Operasi Pencarian Nelayan yang Hilang Dalam Insiden Kapal Terbalik dI Lumajang
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Tim SAR dan kepolisian melakukan pencarian terhadap nelayan asal Jember yang hilang dalam isniden perahu terbalik di perairan Lumajang. 

SURYA.co.id | JEMBER - Basarnas Pos SAR Jember bersama sejumlah elemen melakukan operasi pencarian terhadap nelayan asal Desa Paseban Kecamatan Kencong, Jember, Geger (58), Kamis (4/7/2019).

Geger merupakan nelayan yang menjadi korban terbaliknya perahu di Perairan Maleman Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Rabu (3/7/2019).

Namun hingga operasi pencarian dilakukan sampai sore hari, para pencari belum menemukan tubuh Geger.

Menurut Komandan Tim pencarian dari Basarnas Pos SAR Jember, Prahista Dian, pencarian dipusatkan di sepanjang Pantai Maleman, Yosowilangun, Lumajang.

"Hasil sampai sore ini nihil. Fokus pencarian hari ini di darat, sepanjang Pantai Maleman, karena ombak tidak memungkinkan untuk melakukan penyisiran di laut," ujar Prahista kepada Surya, Kamis (4/7/2019) sore.

Kondisi ombak tidak memungkinkan karena ketinggi ombak di pantai selatan Jawa itu antara 2 - 3 meter.

Pencarian di hari pertama tidak membuahkan hasil, petugas akan melanjutkan pencarian besok, Jumat (5/7/2019).

Pencarian melibatkan sejumlah elemen antara lain Basarnas Pos SAR Jember, BPBD Lumajang, Polres Lumajang, SAR Rimba Laut, SAR OPA Jember, Polsek Kencong - Jember, juga BPBD Jember, serta nelayan Paseban dan Pantai Maleman, juga keluarga.

Perahu terbalik di Perairan Maleman itu terjadi pada Rabu (3/7/2019). Perahu itu ditumpangi oleh Geger, dan anak lelakinya, Sair (31).

Keduanya berangkat melaut sekitar pukul 12.00 Wib. Keduanya hendak mengambil jaring yang sudah ditebar di laut. Dalam perjalanan pulang, katir perahu patah sehingga perahu terbalik. Keduanya lantas berenang sambil memegangi patahan katir perahu.

Sair berhasil menepi sampai akhirnya ditolong oleh seorang pencari ikan di Perairan Maleman Kecamatan Yosowilangun. Namun Geger tidak terlihat di sekitar Sair. Sair akhirnya dibawa ke Puskesmas Yosowilangun, kemudian dirujuk ke RSUD dr Haryoto, Lumajang.

Kecamatan Kencong - Jember dan Kecamatan Yosowilangun - Lumajang merupakan dua kecamatan bertetangga.

Pasca peristiwa itu, Basarnas Pos SAR Jember mendapatkan informasi perihal kecelakaan itu dari BPBD Lumajang pada Kamis (4/7/2019). Selanjutnya, Basarnas melakukan operasi pencarian.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved