Berita Magetan

Penangkapan Terduga Teroris di Magetan, Dikenal Dermawan, Warga Tak Percaya Sujadi Anggota JI

Mabes Polri menyatakan Sujadi Abdurrahman (51) yang ditangkap Densus 88 Antiteror merupakan anggota jaringan kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

Penangkapan Terduga Teroris di Magetan, Dikenal Dermawan, Warga Tak Percaya Sujadi Anggota JI
SURYAOnline/Doni prasetyo
Lingkungan Industri Kecil (LIK) Dukuh Jawar, Desa Ringinagung, Kecamatan/Kabupaten Magetan lengang, Kamis (4/7/2019) sejak penangkapan Sujadi oleh Densus 88 Antiteror.  

SURYA.co.id | MAGETAN - Meski Mabes Polri menyatakan Sujadi Abdurrahman (51) yang ditangkap Densus 88 Antiteror merupakan anggota jaringan kelompok Jamaah Islamiyah (JI), namun warga sekitar tidak mempercayainya.

Warga Desa Candirejo RT1/RW1 tersebut ditangkap Densus 88 Antiteror di Lingkungan Industri Kulit (LIK) Dukuh Jawar, Desa Ringinagung, Kecamatan/Kabupaten Magetan, Kamis (4/7/2019).

"Hampir seluruh masjid di wilayah Magetan, pernah menerima sumbangan Pak Jadi. Tidak ada yang tidak kenal kedermawanan Pak Jadi. Sampai takmir Masjid di Parang, hampir secara kontinyu memberi sumbangannya,"kata Nano warga Joketro, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Kamis (4/7/2019).

Siapapun, lanjutnya, yang datang minta sumbangan, pasti diberi, apalagi terkait yatim piatu dan rumah ibadah.

"Repot juga kalau mau jadi orang baik, malah salah. Memberi dianggap mendanai jaringan teroris. Mudah mudahan, mereka segera dapat "hidayah" (bimbingan-Nya) dan Pak Jadi diberikan kesabaran,"ujarnya.

Hal sama dikatakan, Ketua Asosiasi Penyamak Kulit Indonesia (APKI) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Magetan Basuki Rahmawan.

"Saya prihatin dengan kejadian ini. Rasanya seperti tidak percaya, kalau Pak Sujadi terlibat hal-hal yang berbau teror. Siapa pun tahu, bagaiamana kedermawanan Pak Sujadi,"kata Basuki.

Dikatakan Basuki, hampir seluruh kegiatan di LIK ini ada campur tangan Sujadi. Bahkan sampai ada pengusaha yang gulung tikar, tanpa pikir panjang, Sujadi memberikan bantuan modal kerja.

"Pak Sujadi di APKI menjabat sebagai penasihat. Segala kegiatan di LIK sampai organisasi dan pengajian di Masjid Baitul Ma'mur LIK Magetan, beliau yang menghidupkan dari puluhan tahun lalu sampai sekarang,"kata imbuh Basuki.

Sujadi Abdurrahman bersama istrinya Ines Payanti ditangkap Densus 88 Antiteror Mabes Polri
di Lingkungan Industri Kulit (LIK) di Dukuh Jawar, Desa Ringinagung, Kecamatan/Kabupaten Magetan, Rabu (3/7/2019).

Saat itu, Sujadi langsung dilarikan ke Sub Den Brimob Kompi C Kota Madiun untuk dilakukan pemeriksaan terkait keterangan anggota JI yang ditangkap terlebih dahulu. Sedang istrinya Ines Payanti diamankan di Polres Magetan.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved