Single Focus

Dishub Surabaya Satukan Beragam Layanan pada Aplikasi TransportasiKu, Kemacetan Terpantau Notifikasi

Aplikasi terbaru dan paling mutakhir adalah TransportasiKu diharapkan menjadi jawaban atas semua layanan yang dibutuhkan masyarakat.

Dishub Surabaya Satukan Beragam Layanan pada Aplikasi TransportasiKu, Kemacetan Terpantau Notifikasi
SURYAOnline/ahmad zaimul haq
PERMUDAH PENUMPANG - Narita, penumpang Bus Suroboyo menunjukkan aplikasi Gobis saat menumpang bus yang membayar dengan sampah plastik di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo, Kamis (27/6/2019). Aplikasi itu mempermudah penumpang khususnya generasi millenial untuk memantau jadwal dan rute bus Suroboyo serta transportasi lain di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Terhitung ada enam aplikasi yang diprakarsai Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya di PlayStore, yakni SITS CCTV Surabaya, TransportasiKu, e-Dishub, GOBIS Suroboyo Bus, KIR Surabaya, dan Go-Parkir.

Kepala Dishub Irvan Wahyudrajad mengungkapkan aplikasi-aplikasi ini sejak 2011 dikembangkan sendiri oleh timnya.

Masing-masing aplikasi awalnya dibuat untuk menjawab kebutuhan spesifik masyarakat sesuai data digital yang dimiliki Dishub.

"Kami mengembangkannya mulai Bu Wali mencanangkan Surabaya Smart City tahun 2011 kalau tidak salah. Kami sudah mulai secara bertahap membuat data digital semua pelayanan transportasi, sehingga kami bisa membuat aplikasi sesuai kebutuhan," tutur Irvan, Minggu (30/6/2019).

Aplikasi terbaru dan paling mutakhir adalah TransportasiKu. Lewat aplikasi ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi tentang Suroboyo Bus, halte, terminal, bus kota, mikrolet, lokasi parkir, lajur sepeda, memantau keadaan lalu lintas melalui CCTV, hingga booking tempat parkir.

Aplikasi ini diharapkan menjadi jawaban atas semua layanan yang dibutuhkan masyarakat, sehingga tak perlu mengunduh banyak aplikasi.

Irvan mengatakan, aplikasi yang bisa diunduh di PlayStore ini merupakan hasil dari berbagai masukan masyarakat.

"Ini masukan dari masyarakat. Kami kan banyak aplikasi seperti GOBIS Suroboyo Bus, Go-Parkir, E-Dishub, dan lain-lain. Dari berbagai platform itu, kami satukan jadi satu platform yaitu 'TransportasiKu', jadi semua bisa akses di satu aplikasi," paparnya.

Setelah resmi diluncurkan pada 31 Mei 2019 lalu, bertepatan dengan Hari Jadi Kota Surabaya ke-726, kini TransportasiKu telah diunggah lebih dari 1.000 pengguna. Angka ulasan yang didapatkan pun cukup baik, yakni 4,2 dari 5.

"Harapannya, orang yang berpergian bisa tinggal buka aplikasi kalau ingin melihat keadaan jalan dan menggunakan transportasi umum. Ini pas untuk pengguna kendaraan pribadi maupun umum," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved