Berita Banyuwangi

Bupati Anas Bagi Pengalaman ke Kapolres Se-Jatim, mulai Inovasi Rantang Kasih hingga Barisan Siap

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menggelar kegiatan Analisa dan Evaluasi (anev) Jawa Timur di Banyuwangi dihadiri seluruh pejabat dan Kapolres.

Bupati Anas Bagi Pengalaman ke Kapolres Se-Jatim, mulai Inovasi Rantang Kasih hingga Barisan Siap
SURYAOnline/Haorrahman
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberi sambutan dalam acara Analisis dan Evaluasi (Anev) kondisi Jatim yang dihadiri Kapolda Jatim dan jajaran, termasuk para Kapolres se-Jatim, Kamis (4/7/2019). 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menggelar kegiatan Analisa dan Evaluasi (anev) Jawa Timur di Banyuwangi yang dihadiri seluruh pejabat Polda Jatim dan 38 Kapolres se-Jatim.

Sebagai tuan rumah, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berkesempatan berbagi pengalaman dengan jajaran Bhayangkara terkait inovasi pelayanan publik di Banyuwangi.

Salah satunya Anas mencontohkan tentang program “Rantang Kasih” yang melibatkan banyak pihak. Program itu mendistribusikan makanan bergizi gratis setiap hari kepada warga lanjut usia miskin.

“Rantang Kasih berhasil masuk top 99 inovasi publik 2019 dari ribuan inovasi se-Indonesia. Kami juga sangat terbantu dengan program Barisan Siap dari Polres Banyuwangi bersama sejumlah Puskesmas yang membantu warga miskin yang sakit, bahkan bareng-bareng menolong ibu hamil berisiko tinggi,” ujar Bupati Anas.

“Barisan Siap” adalah akronim dari Bhabinkamtibmas Respons Pengaduan Setiap Masalah Publik, di mana salah satu programnya adalah pendirian rumah singgah bagi ibu hamil berisiko tinggi di Dusun Krajan, Jambewangi, Sempu, kawasan tepi hutan yang terdekat dengan Gunung Raung. Salah satu inisiatornya adalah Brigadir Oki Heru, anggota Polsek Sempu yang berinisiatif mengajak warga gotong-royong membangun rumah singgah. Rumah singgah ini menjadi tempat transit bagi ibu hamil beberapa hari sebelum perkiraan kelahiran.

Anas menambahkan, kolaborasi bersama kepolisian juga dilakukan di Mal Pelayanan Publik, di mana Polres membuka layanan bareng dengan pemkab dan institusi lain untuk membuka layanan kepada masyarakat dalam satu atap. Total ada 199 jenis layanan di Mal Pelayanan Publik tersebut.

“Terima kasih kepada pihak kepolisian yang terus sinergis dengan pemkab meningkatkan pelayanan publik. Terima kasih juga atas kesigapan kepolisian berhasil menjaga keamanan selama pemilu 2019,” kata Anas.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Jatim mengapresiasi inovasi yang dilakukan Banyuwangi. Menurut dia, apa yang telah dilakukan dan dibangun Banyuwangi ini akan menjadi masukan bagi jajarannya.

“Bagus sekali tadi program dan inovasinya. Silakan para kapolres konsultasi dengan Pak Anas terkait inovasi pelayanan publik. Tiru saja apa yang dilakukan Banyuwangi, gak usah malu. Langsung copy paste saja, toh ini kan untuk kebaikan daerah,” cetus Kapolda Jatim.

“Silakan kapolres yang hadir ini untuk mengajak kepala daerahnya belajar ke mari. Daripada jauh-jauh ke tempat lain, datang langsung ke Banyuwangi saja,” imbuh Irjen Pol Luki.

Rombongan Polda Jatim ini menggelar kegiatan pembinaan analisa dan evaluasi operasi ketupat 2019 Jawa Timur selama dua hari, Kamis dan Jumat (4-5/7/2019) untuk mengevaluasi pengamanan pemilihan legislatif dan Pilpres 2019. Ini merupakan kegiatan Anev perdana yang digelar di luar Surabaya.

Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved