Berita Kediri

Warga Kandangan Kediri Temukan Tumpukan Batu Bata Kuno, Warga Sebut Struktur Bangunan Candi

Warga Dusun Wangkalkerep, Desa Karangtengah, Kandangan, Kabupaten Kediri, menemukan tumpukan batu bata kuno yang diduga struktur bangunan candi

Warga Kandangan Kediri Temukan Tumpukan Batu Bata Kuno, Warga Sebut Struktur Bangunan Candi
surya/didik mashudi
Danramil Kandangan Kapten Mulyono sewaktu melihat ke lokasi penemuan tumpukan batu bata kuno yang diduga candi di Desa Karangtengah, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Warga Dusun Wangkalkerep, Desa Karangtengah, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, menemukan tumpukan batu bata kuno. Warga menduga tumpukan batu bata kuno itu adalah struktur bangunan candi.

Batu bata kuno itu ada yang masih utuh dan sudah dalam kondisi pecah. Batu bata itu banyak teserak di sekitar lokasi penemuan.

Riyanto dari Tim Damar Panuluh pemerhati situs purbakala menyebutkan, struktur batu bata yang ditemukan diduga sangat luas. Namun, sayang pihak pemda masih kurang cepat memberikan responnya.

"Hanya petugas dari kecamatan dan desa yang sudah memberi respon termasuk dari aparat TNI dan Polri juga sudah cek ke lokasi," ungkap Riyanto, Rabu (3/7/2019).

Riyanto berharap dengan ditemukannya artefak tersebut bisa diselamatkan oleh masyarakat ataupun pemerintah desa.

Sebab, lanjutnya, di kemudian hari bakal berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat bila dijadikan tempat wisata.

"Melestarikan benda purbakala juga sebagai bentuk eling (ingat) dengan peninggalan leluhur dan juga mendoakan arwah semua leluhur kita," tambahnya.

Dari temuan artefak tersebut juga bisa dijadikan sarana kerukunan antar umat beragama sehingga kedamaian dan rasa saling toleransi terajut mulai dari masyarakat tingkat bawah untuk menjaga NKRI.

Menyusul penemuan itu, untuk sementara penggalian tanah uruk di lokasi penemuan telah dihentikan.

Namun sayang sudah banyak batu bata yang ditemukan dalam kondisi hancur.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved