Berita Situbondo

Wagub Emil Sebut Situbondo Berpotensi Jadi Kawasan Industri dan Pariwisata, Begini Katanya

Wagub Emil Dardak sebut Situbondo berpotensi untuk dikembangkan sebagai kawasan industri dan pariwisata.

Wagub Emil Sebut Situbondo Berpotensi Jadi Kawasan Industri dan Pariwisata, Begini Katanya
surya/izi hartono
Wagub Emil Dardak sebut Situbondo berpotensi untuk dikembangkan sebagai kawasan industri dan pariwisata. Hal ini ia katakan saat menyambangi Pemkab Situbondo, Rabu (03/07/2019). 

SURYA.co.id | SITUBONDO - Wagub Emil Dardak sebut Situbondo berpotensi untuk dikembangkan sebagai kawasan industri dan pariwisata. Hal ini ia katakan saat menyambangi Pemkab Situbondo, Rabu (03/07/2019).

Wabug Emil menuturkan Situbondo potensinya ada di pinggir pantai dan lahannya relatif datar. Kondisi ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai kawasan industri dan juga pariwisata.

"Saya di sini nantinya akan meminta pendapat pak bupati dan tim terkait visinya dalam penataanya untuk kawasan industri dan pariwisata," kata Wagub Emil.

Selain itu, Emil menyebut ada hal yang lebih strategis, yakni untuk lahan tebu, karena tidak semua tempat itu cocok untuk lahan tebu.

"Jatim jadi setengahnya pengasil tebu di Indonesia. Bahkan, empat pabrik gula adanya di Situbondo, meskipun kondisi sangat minimun operasinya," sambungnya.

Untuk itu, pihaknya berharap dengan pertimbangan itu mana yang akan digunakan.

Sekaligus daerah yang dikelola oleh perhutani sebagai status tanah negara.

"Kami akan koodinasi, karena sesuai geografi sangat layyak untuk dijadikan kawasan industri, apalagi nantinya akan dibukanya tol probowangi untuk memberikan mamfaat kepada masyatakat di Situbondo," jelasnya.

Bahkan, bupati Situbondo telah menjelaskan titik tol yang nantinya exit itu akan dicocokkan dengan Dinas Bina Marga untuk mrmbina jalan bebas hambatan agar visi kabupaten sama dengan visi pusat.

"Kami sebagai wakil dari pusat senantiasi menjadi penyalur aspirasi terbaik ke pusat dan sekaligus mensinergikan pembangunan," katanya.

Selain itu nantinya akan ada pengelolaan singkong, namun ternyata di Situbondo banyak lahan yang dapat ditanami singkong.

"Saya kira singkong di situbondo sulit, tapi kenyataan tidak. Makanya kita akan sosialisasikan harga masuk tidak. Jika ia propinsi akan mencari cara untuk sarana produksinya," pungkasnya.

Penulis: Izi Hartono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved