Advertorial

S-Bag, Tas Sekolah Ergonomis Kreasi Mahasiswa Unusa

tas bertimbangan yang diberi nama S-Bag atau Scale Bag buatan mahasiswa Unusa.

S-Bag, Tas Sekolah Ergonomis Kreasi Mahasiswa Unusa
istimewa
Tas bertimbangan yang diberi nama S-Bag atau Scale Bag karya mahasiswa Unusa Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Perlengkapan yang harus dibawa para siswa SD, SMP dan SMA sering kali terlalu berat bagi tubuh mereka. Buku, alat tulis, laptop, hingga bekal makanan dan minuman harus masuk ke dalam tas. Padahal kelebihan beban untuk jangka waktu lama bisa menyebabkan nyeri punggung, bahkan mengubah postur tubuh.

“Berdasarkan penelitian yang dimuat sebuah jurnal di AS, beban maksimal yang boleh dibawa seseorang adalah 10 persen dari berat badan,” kata Fildzah Nur Masithoh, Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang menemukan tas bertimbangan yang diberi nama S-Bag atau Scale Bag.

Jika seorang siswa SD dengan berat badan 25 kg, maka sebaiknya hanya membawa tas dengan beban seberat 2,5 kg. Atau siswa SMA berbobot 45 kg, sebaiknya 4,5 kg.

Namun karena harus membawa laptop, buku, serta bekal makanan dan sebotol air minum, berat tas seorang siswa SMA seringkali lebih dari 4,5 kg.

Belum lagi kebanyakan tas didisain dengan bagian penyangga di pundak yang kecil, seringkali menimbulkan rasa sakit jika beban berlebih dan dipakai dalam waktu lama.

Menurut Fildzah, dia dan tiga teman satu tim terinspirasi membuat S-Bag setelah melihat banyak siswa SD harus ke sekolah dengan tas yang sarat beban.

“Adik saya sendiri setiap hari ke sekolah bawaannya banyak banget. Kami yang melihat saja kasihan karena terlihat terlalu berat,” katanya.

Fildzah bersama Bima Risqi Kurniawan, Francy Devy Octaviona dan Ichlasul Amalia kemudian mengajukan PKM berjudul ‘S-Bag (Penimbang Tas Sekolah yang Bermanfaat’.

Mereka ternyata lolos menerima dana hibah dari Kemenristekdikti.

S-Bag sendiri sangat sederhana.

Halaman
12
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved