Sosok

Potret Rininta Oktavira Kristanti, Kampanyekan Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Tertarik pada bidang linguistik sejak lama membuat Rininta Oktavira Kristanti aktif mengkampanyekan penggunaan Bahasa Indonesia

istimewa
Potret Rininta Oktavira Kristanti 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tertarik pada bidang linguistik sejak lama membuat Rininta Oktavira Kristanti aktif mengkampanyekan penggunaan Bahasa Indonesia. Hal ini berbuah manis dengan menjadi Terbaik 2 Duta Bahasa Jawa Timur 2018.

"Ditambah lagi, saat ini juga Bahasa Indonesia tengah diajukan sebagai bahasa internasional," tutur delegasi Indonesia dalam acara International Debate Education Association di Irlandia 2013 ini.

Menjadi bagian dari Duta Bahasa, tutur delegasi Indonesia dalam acara Thai Migration Debate Workshop 2014 dan Yuk Wakil 2 Kota Mojokerto 2014 ini, ia kerap mengikuti dan membantu pelaksanaan kegiatan kebahasaan yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jawa Timur.

"Saya sebagai anak muda tentu saja sangat ingin ikut berpartisipasi dan berkontribusi secara nyata dalam mengampanyekan hal tersebut," sambungnya.

Menurutnya, Bahasa merupakan kunci utama dalam berkomunikasi.

"Sayangnya, banyak anak muda belum menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar," tutur siswa Berprestasi Bidang Seni Tingkat Provinsi Jawa Timur 2014.

Baik dan benar, papar Rininta, maksudnya yaitu menyesuaikan penggunaannya sesuai situasi dan kondisi.

"Bahasa Indonesia adalah bahasa ibu serta jati diri kita. Oleh karena itu, kita mempunyai amanah untuk terus menjaga dan melestarikan Bahasa Indonesia," pungkasnya.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved