Berita Pamekasan

Persiapan Alat Bukti Sidang Gugatan PHPU Pileg 2019, KPU Pamekasan Bongkar Puluhan Kotak Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan membuka puluhan kotak suara Pileg DPRD kabupaten, DPRD provinsi, dan DPR RI, di gudang penyimpanan logistIK.

Persiapan Alat Bukti Sidang Gugatan PHPU Pileg 2019, KPU Pamekasan Bongkar Puluhan Kotak Suara
SURYAOnline/muchsin
Disaksikan aparat kepolisian dan Bawaslu, KPU Pamekasan membongkar kotak suara, Rabu (3/7/2019). 

SURYA.co.id | PAMEKASAN – Sidang Hasil Perselisihan Pemilihan Umum (PHPU) pemelihan legislatif (Pileg) di MK dijadwalkan mulai, Kamis (4/7/2019) besok.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan membuka puluhan kotak suara untuk Pileg DPRD kabupaten, DPRD provinsi, dan DPR RI,  di gudang penyimpanan logistik di Jl Raya Larangan Badung, Pamekasan, Rabu (3/7/2019).

Pembukaan ibukanya sejumlah kotak suara disaksikan komisioner Bawaslu Pamekasan, Sukma Firdaus dan sejumlah aparat kepolisian.

Sedang jadwal sidang pertama gugatan terhadap KPU Pamekasan pada Senin (8/7/2019). 

Ketua KPU Pamekasan, Mohammad Halili, Rabu (3/7/2019) mengatakan, kotak suara yang dibuka itu, di antaranya di Dapil I, Kecamatan Kota dan Kecamatan Tlanakan. Semua kotak suaranya dibongkoar.

Kemudian Dapil IV (Kecamatan Pakong, Pegantenan, Kadur), yang dibongkar di TPS 25 dan TPS 26, Desa Kadur Kecamatan Kadur, serta seluruh kotak suara di TPS Kecamatan Pegantenan.

Dikatakan, untuk pembukaan kotak suara di Dapil I, atas gugatan Partai  Golkar untuk DPRD Pamekasan, yang meminta seluruh kotak suara di TPS Dapil I dihitung ulang, karena ada selisih suara.

Sedang untuk pembongkaran kotak suara di TPS 25 dan TPS 26 Desa Kadur, gugatan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk DPRD Pamekasan.

“Kami mengambil dokumen dari dalam kota suara itu, karena kami mendapat gugatan dari lima parta. Selain Golkar dan PPP, juga dari Partai Berkarya, Gerindra dan PKB,” ujar Halili.

Dijelaskan, untuk hasil rekapitulasi yang disengketakan ini untuk Gerindra dan Partai Berkarya menyangkut hasil penghitungan suara Caleg DPR RI.

Gugatan dari PKB itu ditujukan KPU Sampang dan Bangkalan, Caleg Nur Faizin dan KPU Pamekasan hanya terpapar saja.

Namun untuk gugatan dari Golkar, PPP, Berkarya dan Gerindra, ditangani langsung KPU Pamekasan.

Dan dalam gugatan Partai Gerindra ini, hanya terfokus pada kotak suara di seluruh Kecamatan Pegantenan, untuk Caleg DPR RI. Namun untuk gugatan Partai Berkarya, yang digugat KPU di empat kabupaten di Madura ini.

“Nah PPP menggungat KPU agar dilakukan pemungutan suara ulang di TPS 25 dan TPS 26 Desa Kadur,” papar Halili.

Adanya gugatan dari lima partai politik, dipastikan penetapan Caleg untuk Pamekasan  molor.

Penulis: Muchsin
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved