Berita Surabaya

Kisah Warga Trenggalek Berjuang untuk Istrinya yang Idap Plasenta Akreta, ini Saran untuk Ibu Hamil

Plasenta akreta adalah kondisi plasenta yang tumbuh terlalu dalam di rahim ibu, sehingga tidak terpisahkan dari dinding rahim.

Kisah Warga Trenggalek Berjuang untuk Istrinya yang Idap Plasenta Akreta, ini Saran untuk Ibu Hamil
SURYAOnline/sulvi sofiana
Hadi Mubasor bersama istri Yevi Widya Rahayu  dan anaknya Nahelsa Adya menghadiri acara Deteksi Dini Kelainan Spektrum Plasenta Akreta di Hotel Fairfield Surabaya, Rabu (3/7/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Plasenta akreta adalah kondisi plasenta yang tumbuh terlalu dalam di rahim, sehingga tidak terpisahkan dari dinding rahim.

Setelah melahirkan, seharusnya plasenta terbuang dari rahim, tetapi wanita dengan plasenta akreta akan kesulitan mengeluarkannya.

Membuangnya secara utuh juga tidak mudah. Wanita yang baru melahirkan bisa kehilangan darah sangat banyak dan merusak organ internal lainnya.

Kasus ini dipaparkan dalam Deteksi Dini Kelainan Spektrum Plasenta Akreta di Hotel Fairfield Surabaya, Rabu (3/7/2019).

Acara tersebut menghadirkan satu keluarga dari Pogalan, Trenggalek, Jatim untuk testimoni. 

Mereka keluarga Hadi Mubasor (34) yang hadir bersama sang istri Yevi Widya Rahayu (30) dan anaknya Nahelsa Adya yang baru berusia 16 bulan.

Hadi mengungkapkan rasa bahagianya masih bisa menemani buah hatinya bersama istrinya. Pasalnya 16 bulan lalu istrinya hampir merenggang nyawa akibat pendarahan usai melahirkan dengan kondisi Plasenta Akreta.

"Saya masih ingat waktu itu operasi dari pagi dihentikan saat sore karena istri saya tensinya sudha 30 karena pendarahan ekstrim," kenangnya saat menghadiri rangkaian acara Pertemuan Ilmiah Tahunan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (PIT POGI) 2019.

Ia mengungkapkan istrinya harus dirujuk ke RSUD Dr Soetomo setelah mengalami pendarahan hebat di usia kehamilan ke-6.

Padahal karena kasus plasenta Akreta yang diketahui sejak kehamilan bulan ke-4, Hadi dan istrinya sudah diminta untuk memeriksakan diri ke RSUD Dr Soetomo.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved