Galeri Foto

Galeri Foto Sambang Kampung - Penghijauan Vertikal Ala Penghuni Rusun Penjaringan Sari Surabaya

Sejak 2016, warga Rusun Penjaringan Sari 3 Surabaya mulai merintis lingkungan hijau dengan menambah tanaman rambat di area pagar depan kamar mereka

Galeri Foto Sambang Kampung - Penghijauan Vertikal Ala Penghuni Rusun Penjaringan Sari Surabaya
surya/ahmad zaimul haq
Sambang Kampung - Suasana Rusun Penjaringan Sari Surabaya yang tampak makin hijau dan asri 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sejak 2016, warga Rumah Susun (Rusun) Penjaringan Sari 3 Surabaya mulai merintis lingkungan hijau dengan menambah tanaman rambat di area pagar depan kamar mereka. Ini dilakukan untuk membuat lingkungan rusun makin sehat.

Kondisi tempat yang berdempetan antar kamar dan tersusun lima lantai, sirkulasi udara kerap terasa pengap dan sesak. 

Ketua RT 7 RW 10 Kelurahan Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Nurul Huda, mengungkapkan upaya menambah lingkungan hijau di lingkungan rusun juga dilakukan dengan memanfaatkan botol bekas untuk pot gantung.

Warga rusun Penjaringan Sari menanam berbagai tumbuhan yang membuat tampak makin hijau dan asri. Warga juga memanfaatkan budi daya lele di Ipal rusun.
Warga rusun Penjaringan Sari menanam berbagai tumbuhan yang membuat tampak makin hijau dan asri. Warga juga memanfaatkan budi daya lele di Ipal rusun. (surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq)

"Susahnya kalau memulai di Rusun itu karena hunian vertikal, kalau sudah diatas warga malas turun,"ujarnya.

Untuk mengatasi hal ini, pria yang akrab dipanggil Huda ini telah membentuk kader lingkungan di tiap lantai rusun. Sehingga setiap lantai memiliki program penghijauan untuk meningkatkan oksigen di lingkungan kamarnya.

Sambang Kampung - Warga Rusun Penjaringan Sari membudidayakan tanaman herbal Adas Pulosari yang bisa diolah untuk minuman herbal hingga menjadi unggulan rusun.
Sambang Kampung - Warga Rusun Penjaringan Sari membudidayakan tanaman herbal Adas Pulosari yang bisa diolah untuk minuman herbal hingga menjadi unggulan rusun. (surya/ahmad zaimul haq)

"Kami juga memanfaatkan kolam IPAL untuk budidaya ikan lele. Jadi ada dua kolam IPAL yang biasa kami gunakan untuk tempat lele bahkan kami kembangkan untuk aqua ponik,"lanjutnya.

Pemilihan aquaponik dibandingkan hidroponik menurut Huda bisa menghemat pengeluaran untuk nutrisi tanaman. Sayangnya, sistem aquaponik menggunakan air IPAL yang ditinggali lele belum maksimal.

Sambang Kampung - Warga rusun Penjaringan Sari menanam berbagai tumbuhan yang membuat tampak makin hijau dan asri. Warga juga memanfaatkan budidaya lele di Ipal rusun.
Sambang Kampung - Warga rusun Penjaringan Sari menanam berbagai tumbuhan yang membuat tampak makin hijau dan asri. Warga juga memanfaatkan budidaya lele di Ipal rusun. (surya/ahmad zaimul haq)

"Kotoran yang ikut naik ke pot aquaponik bukan hanya kotoran lele, kotoran dari IPALnya juga. Jadinya nggak cocok sama tanaman,"urainya.

Sambang Kampung - Anak-anak warga Rusun Penjaringan Sari sedang bermain
Sambang Kampung - Anak-anak warga Rusun Penjaringan Sari sedang bermain (surya/ahmad zaimul haq)

Untuk itu, ia dan warga yang bersedia menggalang dana untuk membuat kolam ikan yang baru dari terpal, serta memindahkan pot aquaponik dan melengkapinya dengan filter.

"Sudah sempat kami coba, tapi masih bocor. Jadi ini masih perbaikan. Sementara lelenya masih di kolam IPAL,"lanjutnya.

Penulis: Ahmad Zaimul Haq
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved