Berita Surabaya

Antisipasi Penyebaran Hepatitis A di Pacitan dan Trenggalek, Dinas Kesehatan Terus Lakukan Upaya Ini

Upaya-upaya tersebut bisa lebih cepat berhasil jika masyarakat ikut melaksanakannya.

surya.co.id/aflahul abidin
RSUD dr Soedomo Kabupaten Trenggalek 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim) menargetkan wabah Hepatitis A di Kabupaten Pacitan yang mulai menyebar ke Kabupaten Trenggalek akan tuntas pada satu sampai dua pekan ke depan.

Beberapa upaya sudah dilakukan Dinkes Jatim untuk memotong rantai penyebaran tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Jatim, Kohar Hari Santoso mengatakan, upaya-upaya tersebut bisa lebih cepat berhasil jika masyarakat ikut melaksanakannya.

Upaya yang pertama adalan dengan melakukan tata laksana kepada pasien supaya tertangani dengan baik.

"Jangan sampai menjadi lebih parah dan tidak menjadi pencemar bagi yang lain," ucap Kohar, Rabu (3/7/2019).

Yang kedua, tim surveilans epidemiologi yang dikirimkan ke daerah terdampak juga mensosialisasikan kepada masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih sehat yang harus dilakukan.

"Misalnya jangan buang air besar sembarangan apalagi di sungai. Jambannya harus sehat artinya jarak dari septic tank ke sumber air itu paling tidak lebih dari 10 meter," ucap Kohar.

Kohar juga mengimbau, jika memasak air atau memasak makanan harus dimasak dengan mendidih sampai 5 atau 10 menit agar virus dan bakterinya benar-benar mati

"Yang ketiga cuci tangan itu harus dilakukan menggunakan sabun. Setelah buang air besar ketika akan menyentuh makanan, atau ketika akan mengolah makanan supaya jangan ada kotoran yang mencemari," lanjutnya.

Kohar juga menyoroti masyarakat yang kadang kala masih membuang sampah terutama sampah popok ke sungai yang bisa mencemari air.

Yang terakhir, ia mengingatkan dalam mencuci piring harus benar-benar sehigienis mungkin.

"Jangan cuma dicelup ke satu ember kemudian ditarik bila bersih. Terutama produsen makanan dan warung-warung. Mohon bisa menggunakan pola cuci yang baik," pungkasnya. (Sofyan Arif Candra)

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved