Berita Tuban

Pilkades Serentak di Tuban akan Dijaga 2.500 Petugas Keamanan, Kapolres Minta Bantuan Polres Gresik

Polres Tuban mulai memetakan potensi kerawanan jelang pelaksanaan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan 10 Juli 2019.

Pilkades Serentak di Tuban akan Dijaga 2.500 Petugas Keamanan, Kapolres Minta Bantuan Polres Gresik
surya/m sudarsono
Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono dalam sebuah kegiatan. Polres Tuban akan mengerahkan 2.500 personel gabungan untuk mengamankan Pilkades serentak di Tuban pada 10 Juli 2019. 

SURYA.co.id | TUBAN - Polres Tuban mulai memetakan potensi kerawanan jelang pelaksanaan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan 10 Juli 2019.

Sebagaimana diketahui, pada Pilkades tahun ini akan diikuti oleh 273 Desa dengan jumlah calon sebanyak 668 calon kepala desa (Cakades). 

Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono mengatakan, pihaknya akan menyiagakan sekitar 2500 personil gabungan untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.

Ada dari unsur Polri, TNI, dan pemerintah daerah. 

"Personil gabungan ini akan disebar ke seluruh desa yang akan Pilkades," ujar Kapolres, Senin (1/7/2019).

Dia menjelaskan, secara teknis nantinya akan menerapkan pengamanan setiap desa, setidaknya ada lima atau lebih personil gabungan yang berjaga untuk mengamankan Pilkades di setiap desa yang menyelenggarakan. 

Perwira menengah itu menyatakan, Polres Tuban juga berencana akan meminta bantuan personel dari Polres Gresik dan Bojonegoro untuk meningkatkan keamanan, serta mengantisipasi kerawanan Pilkades.

"Untuk menghindari kerawanan, kami juga akan minta bantuan personil dari Polres tetangga untuk menjaga kondusivitas," Ingatnya pasca rapat bersama di Kapolda beberapa waktu lalu.

Sementara itu saat disinggung terkait wilayah yang rawan konflik saat Pilkades, Kapolres menambahkan bahwa sampai saat ini masih aman dan terpantau kondusif.

Pantauan personil di lapangan, tidak ada wilayah yang terindikasi rawan saat pelaksanaan Pilkades Serentak di Tuban.

"Hasil sementara ini masih aman, belum terpantau terdapat daerah rawan konflik, meski demikian kita tetap waspada dan antisipasi," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved