Citizen Reporter

Indonesian Young Leaders Exchange Program (IYLEP), Wadah Mengasah Wawasan Para Pemimpin Muda

Puluhan anak muda dari berbagai wilayah di Indonesia bertolak menuju Singapura, Minggu (21/4/2019).

Indonesian Young Leaders Exchange Program (IYLEP), Wadah Mengasah Wawasan Para Pemimpin Muda
foto: istimewa
Indonesian Young Leaders Exchange Program (IYLEP) diselenggarakan Perkumpulan Kader Bangsa di Singapura, Minggu (21/4/2019). 

Puluhan anak muda dari berbagai wilayah di Indonesia bertolak menuju Singapura, Minggu (21/4/2019). Itu berkait dengan acara Indonesian Young Leaders Exchange Program (IYLEP) yang diselenggarakan Perkumpulan Kader Bangsa.

Selain dihadiri peserta muda dengan berbagai latar belakang seperti aktivis mahasiswa, akademisi, profesional, dan birokrat, dalam acara itu hadir juga tiga delegasi yang mewakili Surabaya.

Mereka adalah Intan Permatasari, Nimas Vinsa Puspitasari, dan Jacko Ryan. Ketiganya merupakan mahasiswa Ilmu Politik Universitas Airlangga.

Acara yang berlangsung selama empat hari itu dimaksudkan untuk menanamkan dan memperkuat pemahaman prinsip-prinsip kewarganegaraan serta implementasi atas berbagai prinsip itu khususnya bagi anak-anak muda. Hal itu ditegaskan oleh Course Leader IYLEP, Dimas Oky Nugroho.

“Di Singapura mereka akan mempelajari bagaimana sebuah negara maju mengelola dinamika anak mudanya baik secara ekonomi maupun secara politis-strategis untuk kepentingan nasional,” ujarnya.

Tidak cukup sampai di situ, menjadi pemimpin harus memiliki wawasan yang luas. Itu termasuk menaruh perhatian dalam berbagai isu strategis dalam berbagai bidang seperti agama, politik, ekonomi, budaya, sosial, dan lain-lain.

Karenanya rangkaian acara itu berusaha untuk mewadahi serta mengasah wawasan para pemimpin muda dalam berbagai bidang.

Itu semua terwujud melalui dialog mengenai peran kaum muda membangun Indonesia dan ASEAN bersama Duta Besar Indonesia untuk Singapura.

Melalui kunjungan ke berbagai rumah ibadah di kawasan Teluk Ayer, para peserta juga dapat merasakan secara kultur budaya dan religiusitas yang ada di Singapura.

Beberapa tempat lain seperti People's Association Youth Movement, National Gallery of Singapore, Parliament House, Design Singapore Council, The Straits Times, dan kampus-kampus ternama di dunia seperti S Rajaratnam School of International Studies dan National University of Singapore juga menjadi destinasi.

Semua kunjungan itu dilaksanakan setelah para peserta mendapatkan pelatihan menulis kreatif, public speaking, dan kepemimpinan.

IYLEP bukan acara yang pertama yang diselenggarakan Perkumpulan Kader Bangsa. Acara serupa yakni Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) sudah diselenggarakan delapan kali di berbagai kota di Indonesia.

Melalui program itu telah tercipta berbagai tokoh pemimpin muda yang telah berkiprah menjadi pemimpin komunitas dan institusi di daerah hingga tingkat nasional.

Jacko Ryan
Mahasiswa Ilmu Politik
Universitas Airlangga
jacko.ryan-2017@fisip.unair.ac.id

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved