Berita Malang Raya

Ada Ajang APEKSI, Pemkot Malang Ingin Realisasikan Sister City, Ini Kota-kota yang Dibidik

Pemkot Malang akan memanfaatkan ajang Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2019 di Kota Semarang untuk menjalin kemitraan

Ada Ajang APEKSI, Pemkot Malang Ingin Realisasikan Sister City, Ini Kota-kota yang Dibidik
surya.co.id/hayu yudha prabowo
Wali Kota Malang Sutiaji 

SURYA.co.id | MALANG – Pemkot Malang akan memanfaatkan ajang Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2019 di Kota Semarang untuk menjalin kemitraan lebih erat dengan pemerintah kota lainnya.

Kemitraan itu, kata Wali Kota Malang Sutiaji di antaranya adalah realisasi sister city.

“Ini kan ngumpul tidak kurang 100 lebih kepala daerah. Nanti dipetakan bisa sister city. Jadi kami tidak perlu datang ke pulau mana. Saya sudah telepon Ketua Dewan Pengurus APEKSI, bu Airin agar nanti disiapkan,” ujar Sutiaji, Selasa (2/7/2019).

Beberapa kota yang disasar Pemkot Malang di antaranya adalah Pemantang Siantar, Kota Semarang, Magelang, Tangerang serta Surakarta.

Selain sister city, Pemkot Malang juga akan belajar manajemen parkir dan potensi pendapatan daerah.

“Sister city dengan Pemantang Siantar. Penguatan pendapatan asli daerah akan lakukan dengan Magelang. Berkaitan dengan parkir dengan Surakarta. Penguatan potensi pendapatan dengan Tangeran,” kata Sutiaji.

Sutiaji berharap, APEKSI 2019 betul-betul bisa membawa dampak positif terhadap anggotanya.

Sutiaji mengatakan agar APEKSI 2019 tidak sekadar branding potensi daerah semata.

“Harapannya Apeksi benar-benar bermanfaat. Selain branding potensi daerah, di sana ada sesuatu yang bisa dibawa,” kata Sutiaji.

Kata Sutiaji, saat ini yang lagi ramai dan menjadi point besar di Apeksi adalah kerjasama daerah. Kata Sutiaji, UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan bahwa kerjasama daerah kewenangannya ada Pemprov.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV APEKSI 2019 akan berlangsung di Kota Semarang pada 2 – 5 Juli 2019.

Wali Kota Malang Sutiaji bersama Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko dijadwalkan berangkat ke Kota Semarang pada 2 Juli 2019.

Penulis: Benni Indo
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved