Berita Surabaya

Pembangunan Alun-alun Surabaya: Sisi Barat Tak Ada Jaringan Bawah Tanah, ini Tahapan Berikutnya

Pemkot Surabaya melaksanakan Pile Integrity Test (PIT) di sisi barat Jl. Yos Sudarso, lokasi pembangunan Alun-alun Surabaya, Senin (1/7/2019).

Pembangunan Alun-alun Surabaya: Sisi Barat Tak Ada Jaringan Bawah Tanah, ini Tahapan Berikutnya
SURYAOnline/ahmad zaimul haq
JALAN DITUTUP SEPARUH - Kepadatan kendaraan terlihat di Jl Gubernur Suryo karena Jl Yos Sudarso ditutup separuh (sisi barat) untuk kelanjutan proyek alun-alun Surabaya, Senin (1/7). Pengerjaan basement yang tepat di bawah Jalan Yos Sudarso itu akan dimulai dengan pelaksanaan pile integrity test (PIT) hingga Kamis (4/7/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemkot Surabaya melaksanakan Pile Integrity Test (PIT) di sisi barat Jl. Yos Sudarso, lokasi pembangunan Alun-alun Surabaya, Senin (1/7/2019).

Hasilnya setelah dilakukan penggalian hingga kedalaman 2,5 meter tidak ditemukan jaringan bawah tanah pada lokasi tersebut.

PIT untuk mengetahui tata letak atau kedalaman infrastruktur dan jaringan bawah tanah yang ada di Jl. Yos Sudarso. Misalnya, kabel fiber optik, pipa PDAM, ataupun utilitas kecil lainnya.

Tes sebagai permulaan pembangunan basement Alun-alun Surabaya itu selesai lebih cepat dari perkiraan semula.

 "Ini lebih cepat dari jadwal. Karena setelah kita lakukan penggalian tidak ditemukan jaringan infrastruktur apapun, jadi yang seharusnya dikerjakan selama dua hari bisa dipersingkat menjadi sehari saja," kata Iman Krestian, Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Surabaya.

Selanjutnya, pihaknya akan mengerjakan PIT di sisi timur.

Pengerjaan PIT sisi timur diprediksi butuh waktu lebih lama dibanding barat, karena sudah dipastikan ada infrastruktur di bawahnya, seperti fiber optic.

"Mungkin waktunya (pengerjaan) dibutuhkan lebih lama dibandingkan sisi barat, karena sudah dipastikan terdapat infrastruktur lain di sini," ujarnya.

Meski begitu, ia berharap tes bisa dilaksanakan dengan cepat, supaya vendor-vendor terkait bisa memindahkan infrastrukturnya saat pelaksanaan pengerjaan basement nanti.

Tes PIT dilakukan dengan cara penggalian tanah hingga kedalaman 2,5 meter.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved