Benarkah Kucing Bisa Cegah Risiko Penyakit Jantung Pemeliharanya? ini Penjelasan Menurut Psikolog

Ada kabar yang menyebut bahwa kucing bisa menurunkan risiko penyakit jantung bagi pemeliharanya, benarkah demikian?

Benarkah Kucing Bisa Cegah Risiko Penyakit Jantung Pemeliharanya? ini Penjelasan Menurut Psikolog
MIRROR.CO.UK
Ilustrasi 

SURYA.co.id - Ada kabar yang menyebut bahwa kucing bisa menurunkan risiko penyakit jantung bagi pemeliharanya, benarkah demikian?

Dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Pelihara Kucing Turunkan Risiko Serangan Jantung, Benarkah?', memang ada sebuah riset yang menyebut memelihara kucing dapat menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung

Riset korelasi antara kucing dengan risiko penyakit jantung ini dilakukan sejak tahun 2009 dan telah diterbitkan dalam Journal of Vascular and Interventional Neurology.

PENUH - Dokter hewan sekaligus pemilik Pradika Rabbit Pet Shop Vet and Care di kawasan Karah Agung, Nimas Ayu Pertiwi, memeriksa salah satu kucing, Selasa (12/6/2018).
PENUH - Dokter hewan sekaligus pemilik Pradika Rabbit Pet Shop Vet and Care di kawasan Karah Agung, Nimas Ayu Pertiwi, memeriksa salah satu kucing, Selasa (12/6/2018). (surya/ahmad zaimul haq)

Menurut pemimpin riset, memelihara kucing dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada individu yang berisiko tinggi.

Psikolog klinis berlisensi, Melanie Greenberg menyebut, memeluk kucing juga bisa meredakan gejala kecemasan.

"Mengelus kucing dapat melepaskan oksitosin, hormon ikatan atau 'bahan kimia pelukan' yang dapat mengurangi stres," ucap dia.

Dalam sebuah studi, ketika merasakan bahagia saat membelai kucing, tingkat stres akan berkurang.

Tekanan darah pemilik kucing pun akan jadi lebih rendah. Penelitian dari University of Minnesota juga mengklaim orang-orang yang tidak memelihara kucing memiliki risiko 40 persen terkena serangan jantung.

Berita Gejala Penyakit Jantung
Berita Gejala Penyakit Jantung (Bali.tribunnews.com)

Seperti diketahui, penyakit jantung adalah penyakit yang memiliki resiko tinggi.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), di Amerika Serikat hampir 610.000 orang meninggal akibat penyakit jantung.

Halaman
1234
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Musahadah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved