Berita Bojonegoro

Api Porprov Jatim 2019 Diambil di Kayangan Api Bojonegoro

api Porprov Jatim ke-6 diambil di wisata Kayangan Api Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro

Api Porprov Jatim 2019 Diambil di Kayangan Api Bojonegoro
surya/m sudarsono
Proses pengambilan api Porprov Jatim ke-6 yang diambil di wisata Kayangan Api Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Senin (1/7/2019). 

SURYA.co.id | BOJONEGORO - Proses pengambilan api Porprov Jatim ke-6 diambil di wisata Kayangan Api Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Senin (1/7/2019). Prosesi pengambilan api diawali dengan ritual mengitari api abadi Kayangan Api Bojonegoro.

Sementara, pengambilan api abadi dari lokasi Kayangan Api dilaksanakan oleh juru kunci, Mbah Juli. Selanjutnya obor api tersebut diserahkan kepada Pengurus Besar Porprov Jatim, M Nabil.

Setelah obor api Porprov diterima oleh M Nabil, lalu obor diserahkan kepada Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, yang selanjutnya diserahkan kepada tiga perwakilan atlet yaitu Ika Yulianan, Novia Nuraini dan Erwina Sawitri.

Obor api yang dibawa ketiga atlet panahan Bojonegoro itu kemudian dikirab menuju Pendopo Pemkab Bojonegoro.

Arak-arakan api Porprov Jatim ke-6 yang diambil di wisata Kayangan Api Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Senin (1/7/2019).
Arak-arakan api Porprov Jatim ke-6 yang diambil di wisata Kayangan Api Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Senin (1/7/2019). (surya/m sudarsono)

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, mengatakan pengambilan api Porprov ini merupakan kesepakatan antara Pengurus Besar Porprov Jatim dengan empat kabupaten selaku tuan rumah Porprov Jatim 2019.

Empat Kabupaten tersebut yaitu Lamongan, Gresik, Bojonegoro dan Tuban.

Untuk acara pembukaan dilaksanakan di Kabupaten Lamongan, sedangkan acara penutupan dilakukan di Kabupaten Tuban.

"Untuk pengambilan Api Porprov dari Kabupaten Bojonegoro ini sudah sesuai kesepakatan, Obor api diambilkan dari Kayangan Api Bojonegoro," kata Anna.

Politisi PKB itu menjelaskan, setelah obor api tiba di Pendopo Pemkab Bojonegoro, lalu obor api porprov tersebut akan kembali dikirab menuju Kabupaten Tuban, dan akan diserahterimakan di perbatasan Bojonegoro-Tuban, tepatnya di Jembatan Glendeng Bojonegoro, Selasa (02/07/2019), siang.

Setelah singgah di Kabupaten Tuban, obor api porprov akan kembali dikirab menuju Kabupaten Lamongan dan Gresik, kemudian dilanjutkan dikirab menuju Gedung Negara Grahadi di Surabaya.

"Setelah dari Grahadi akan dikirab lagi untuk persiapan pembukaan Porprov di Kabupaten Lamongan pada tanggal 6 Juli 2019," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara prosesi pengambilan obor api tersebut yaitu Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto, Pengurus Besar (PB) Porprov Jatim 2019 yang diwakili Wakil Ketua Umum II KONI Jawa Timur M Nabil, Ketua DPRD Bojonegoro dan Forpimda Bojonegoro, sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bojonegoro, Ketua KONI Bojonegoro, serta seluruh atlet maupun tamu undangan.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved