Putra Ulama Sepakat Bersatu Pasca Putusan MK Soal Hasil Pilpres

Para putra ulama yang tergabng dalam forum silaturahmi Gawagis Nusantara meminta rakyat bersatu lagi setelah putusan MK terkait Pilpres.

Putra Ulama Sepakat Bersatu Pasca Putusan MK Soal Hasil Pilpres
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Ketua Forum Silaturahmi Gawagis Nusantara, KH Maksum Faqih, saat bersama Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Surabaya beberapa waktu lalu.    

SURYA.co.id | SURABAYA – Para putra ulama yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Gawagis Nusantara menyambut baik keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Presiden.

Para Gawagis pun berharap masyarakat tetap tenang dan bisa menghormati serta menjalankan keputusan konstitusional ini.

 “Secara khusus kami mengapresiasi putusan MK. Alhamdulillah putusan kali ini tidak diwarnai gejolak berarti,” kata Ketua Forum Silaturahmi Gawagis Nusantara, KH Maksum Faqih, Minggu (30/6/2019).

Pria yang akrab disapa Gus Maksum ini menilai masyarakat sudah sangat dewasa dalam berpolitik sehingga apapun keputusan MK bisa dihormati dan dijalankan.

Dalam kesempatan ini, Pengasuh Pesantren Langitan Tuban ini secara khusus juga mengucapkan selamat kepada pasangan Joko Widodo-KH Ma`ruf Amin yang telah dinyatakan memenangkan proses pemilihan presiden kali ini.

”Selamat Pak Jokowi dan Kiai Ma`ruf. Mudah-mudahan bisa bekerja dengan lebih baik lagi. Kami senantiasa berdoa agar Pak Jokowi dan Kiai Ma`ruf dalam mengemban amanah berhasil menuju Indonesia yang maju berkeadilan, barokah dan senantiasa mendapatkan ridho Allah SWT,” kata Gus Masum.

Gus Masum juga mengapresiasi sikap yang ditunjukkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang memilih menempuh jalur konstitusional melalui Mahkamah Konstitusi terkait gugatan sengketa Pilpres.

Paska keputusan MK, pihaknya juga berharap kepada Jokowi dan Prabowo untuk menggelar pertemuan. Sebab, pertemuan di antara keduanya dipercaya mampu mendinginkan suasana.

“Tantangan yang dihadapi bangsa ini sangat besar sehingga kebersamaan, persatuan, dan integritas bangsa yang saat ini dimiliki harus terus dijaga dan dikembangkan,” kata dia.

Bukan hanya para putra kiai, para kiai sepuh se-Jawa Timur sebelumnya juga menyambut baik keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden. Para ulama juga berharap semua pihak bisa menghormati dan menjalankan keputusan konstitusional tentang sengketa pemilihan presiden kali ini.

“Kiai-kiai dan para ulama berpesan dan berharap semua pihak bisa menghormati. Ini keputusan konstitusional sehingga harus dijalankan,” kata Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf (Gus Ipul) usai bertemu sejumlah kiai di Surabaya Jumat, (28/6/2019) lalu.

Para kiai juga mengucapkan selamat kepada pasangan Joko Widodo-KH Ma`ruf Amin yang telah dinyatakan memenangkan proses pemilihan presiden kali ini. “Selamat Pak Jokowi dan Kiai Ma`ruf. Mudah-mudahan bisa bekerja dengan lebih baik lagi," tambah Gus Ipul

"Pernyataan Pak Jokowi dan Pak Prabowo paska putusan MK juga sangat menyejukkan bagi kami semua. Ini satu sikap yang berpengaruh pada kerukunan antar umat dan persatuan Indonesia,” kata Gus Ipul

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved