Citizen Reporter

UIN Maliki Malang Gelar Pelatihan Presentasi Bahasa Inggris, Bekal Bicara di Depan Umum

Tidak semua orang dapat menyampaikan materi dengan baik. Kadang-kadang ada yang kurang optimal dalam menjelaskan materi.

UIN Maliki Malang Gelar Pelatihan Presentasi Bahasa Inggris, Bekal Bicara di Depan Umum
foto: istimewa
Suasana pelatihan presentasi bahas Inggris di UIN Maliki Malang. 

PRESENTASI  merupakan salah satu teknik dalam menyampaikan suatu materi. Tidak semua orang dapat menyampaikan materi dengan baik. Kadang-kadang ada yang kurang optimal dalam menjelaskan materi.

Itu yang disampaikan Like Rascova, dosen Tadris Bahasa Inggris UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam Pelatihan Presentasi Bahasa Inggris, Selasa (23/4/2019).

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengadakan Pelatihan Presentasi Bahasa Inggris di ruang 401 Gedung Rektorat Lt 4 mulai pukul 09.00-14.00.

Pelatihan diikuti 17 mahasiswa dan 13 dosen dari Psikoloi, Sosiologi, Sastra Inggris, dan Ilmu Komunikasi FISIB UTM.

Misnadin, dari FISIB UTM mengatakan, presentasi dalam dunia akademis itu sangatlah penting. Kemampuan presentasi penting ketika mereka masuk kancah internasional.

“Setelah pelatihan ini, mereka sudah memiliki bekal dan wawasan yang baik. Demikian juga dengan mahasiswa FISIB yang nantinya juga memiliki kemampuan dalam berpresentasi bahasa Inggris dengan baik ketika melaksanakan presentasi di kelas maupun di luar kelas,” ujarnya.

Rangkaian acara pelatihan itu dapat memberikan banyak pengalaman untuk dosen dan mahasiswa.

Salah satu tantangan yang diberikan pemateri adalah mengenai sikap jujur dan penilaian terhadap orang lain, mencoba melatih kecepatan berpikir dalam menyebutkan nama buah dan hewan, serta kejelian mendengarkan saat salah satu peserta berbicara, dan menggunakan metode promotion di sebuah tempat terkenal di Bangkalan seperti tempat pariwisata atau pemandangan alam lainya yang digambar di kertas. Mereka harus menjelaskannya di depan peserta.

Jika salah satu kelompok dapat mengumpulkan nilai tertinggi akan mendapatkan hadiah dari pemateri mulai dari minuman hingga uang. Itu ditujukan sebagai apresiasi dalam menjalankan tantangan.

“Dalam pelatihan kali ini, saya dapat belajar banyak mulai dari motivasi, trik, serta metode dalam berbicara di depan umum. Berbicara dengan bahasa Inggris saja tidak semua orang bisa. Dengan trik, itu menjadi lebih mudah dan dapat diaplikasikan,” kata Umar Faruq, mahasiswa Sastra Inggris UTM.

Muna Alfadlilah
Mahasiswa Sastra Inggris
Universitas Trunojoyo Madura
una_fadilah@yahoo.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved