Berita Mojokerto

Songsong Era Teknologi Informasi dengan Memperkuat Keluarga

Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI tingkat Jatim digelar di GOR Mojosari Mojokerto, Sabtu (29/6)-Minggu (30/6).

Songsong Era Teknologi Informasi dengan Memperkuat Keluarga
SURYA/Nuraini Faiq
Suasana pembukaan acara puncak Peringatan Harganas oleh Generasi Berencana (GenRe) di GOR Mojosari, Mojokerto, Sabtu (29/6). 

SURYA.CO.ID | Surabaya - Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI tingkat Jatim digelar di GOR Mojosari Mojokerto, Sabtu (29/6)-Minggu (30/6). Sejumlah kegiatan bertemakan Keluarga Bahagia digelar pada Hari Keluarga tersebut

Rencananya, puncak Harganas Jatim akan dihadiri Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Jatim Arumi Bachin Emil Dardak. Harganas kali ini mengambil tema “Hari Keluarga: Hari Kita Semua”.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Yanrizal Makmur menuturkan, tentangan keluarga di era sekarang makin komplek.

"Inilah tantangan kita semua sebagai keluarga. Mari songsong era teknologi informasi dengan memperkuat posisi keluarga kita semua. Hanya keluarga yang tangguh yang bisa menjawab tantangan era," kata Yanrizal kepada Surya, Sabtu (29/6).

Era dimana fungsi keluarga makin dibutuhkan di tengah era teknologi informasi saat ini. Kehadiran smartphone di genggaman, jika keluarga tidak segera mengambil peran, maka keluarga akan makin kehilangan fungsinya.

Menurut Yanrizal, gaya hidup yang makin modern dan kesibukan orangtua akan berdampak pada tatanan kehidupan keluarga. Waktu berkumpul dengan keluarga secara kualitas mulai terabaikan. Kalah sama gadget, sehingga keluarga makin berjarak.

"Harganas inilah momentum untuk keluarga mengambil perannya secara maksimal. Mengembalikan fungsi keluarga sebagaimana impian bersama meraih keluarga terarah, bahagia, dan sejahtera," kata Yanrizal .

Jalan sehat sebagai rangkaian kegiatan Harganas di lingkungan BKKBN Jatim, dan Kepala Perwakilan BKKBN Jatim Yanrizal Makmur saat menggelar upacara Harganas di Kantor BKBN Jatim dengan pakaian adat, Jumat (28/6).
Jalan sehat sebagai rangkaian kegiatan Harganas di lingkungan BKKBN Jatim, dan Kepala Perwakilan BKKBN Jatim Yanrizal Makmur saat menggelar upacara Harganas di Kantor BKBN Jatim dengan pakaian adat, Jumat (28/6). (SURYA/Nuraini Faiq)

Fungsi Keluarga
Sebagaimana arahan BKKBN bahwa berbagai fungsi keluarga harus terus dijalankan. Mulai fungsi agama, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, fungsi reproduksi, fungsi sosial budaya, dan fungsi lingkungan.

Dalam upaya memaksimalkan peran keluarga itu, BKKBN Jatim bersinergi dengan Pemprov Jatim dan 38 Kabupaten/Kota di provinsi ini untuk membangun keluarga.

BKKBN bersinergi dengan dinas terkait di setiap kabupaten/kota untuk menyukseskan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (PKKBPK).

Selain organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, BKKBN juga bergandengan tangan dengan TP PKK.

Suasana pembukaan acara puncak Peringatan Harganas oleh Generasi Berencana (GenRe) di GOR Mojosari, Mojokerto, Sabtu (29/6).
Suasana pembukaan acara puncak Peringatan Harganas oleh Generasi Berencana (GenRe) di GOR Mojosari, Mojokerto, Sabtu (29/6). (SURYA/Nuraini Faiq/Febrianto)

Berbagai program selalu berkolaborasi antar ketiganya. Mulai Kampung KB hingga pemberdayaan ekonomi keluarga. Hasilnya juga dipamerkannya produk unggulan dalam acara puncak peringatan Harganas XXVI di GOR Mojosari.

Selain itu ada Seminar Kependudukan KB, pemantapan Program PKKBPK, dan berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh pegawai BKKBN dan didukung semua Pemda. BKKBN bekerjasama dengan Ponpes Segoro Agung juga menggelar “Sinau Bareng Cak Nun” pada Minggu (30/6) malam di GOR Mojosari, Mojokerto.

(faiq nuraini/febrianto ramadani)

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved