BNPB : Jawa Timur Masuk 5 Provinsi Teratas Terjadinya Bencana Selama Januari-Juni 2019

Lima provinsi teratas yang banyak terjadi bencana yakni Jawa Tengah, disusul Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.

BNPB : Jawa Timur Masuk 5 Provinsi Teratas Terjadinya Bencana Selama Januari-Juni 2019
Surabaya.Tribunnews.com/Febrianto Ramadani
Sudah enam hari banjir menggenangi Desa Tempuran dan Bekucuk, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Akibatnya, menyebabkan warga setempat tidak bisa beraktivitas seperti biasanya hingga Senin (6/5/2019). 

SURYA.co.id - Selama bulan Januari hingga Juni 2019, ada 2.047 bencana terjadi di Indonesia.

Data ini diungkapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dari ribuan bencana tersebut, sebanyak 366 orang meninggal.

"(Sebanyak) 366 orang meninggal dunia, 24 orang hilang, 1.497 orang luka-luka, dan 1.633.702 orang mengungsi. Bencana-bencana tersebut juga mengakibatkan sekitar 33.011 unit rumah rusak. Ada yang rusak berat, rusak ringan dan seterusnya," kata Kepala Subdirektorat Peringatan Dini BNPB Bambang Surya Putra di kantor BNPB, Jakarta Timur, Jumat (28/6/2019).

Dari jumlah bencana itu, 98 persen di antaranya disebabkan hidrometeorologi yaitu bencana yang pemicunya berkaitan dengan air dan cuaca seperti banjir, tanah longsor, hingga angin puting beliung.

Khusus di bulan Juni, ada 116 bencana.

Bencana-bencana itu terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan, hingga Sulawesi yang menyebabkan 17 orang meninggal.

Rinciannya, 8 orang meninggal akibat banjir, 8 karena longsor, dan 1 orang akibat kebakaran hutan dan lahan.

Dibandingkan dengan tahun lalu pada periode yang sama, terjadi peningkatan jumlah bencana sebesar 15,4 persen dengan total bencana 1.774 kejadian.

Jumlah korban juga meningkat dari 181 orang meninggal dan hilang di 2018, menjadi 390 orang meninggal dan hilang di 2019.

"Artinya, ancaman bencana di Indonesia ini nyata. Adanya peningkatan ini, ini menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi kita semua. Bagaimana kemudian kita menciptakan kesiapsiagaan, bagaimana kita bisa melakukan mitigasi untuk mencegah risiko bencana dan bagaimana kita bisa menyosialisasikan upaya-upaya penanganan bencana dari berbagai jenis bencana yang kerap terjadi di Indonesia," kata dia.

Sementara itu, lima provinsi teratas yang banyak terjadi bencana yakni Jawa Tengah, disusul Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.

Lima kabupaten/kota dengan catatan kejadian bencana terbesar yaitu Kota Semarang, Bogor, Sukabumi, Cilacap, dan Garut.

"Perlu diketahui telah diterbitkan aturan terkait dengan standar pelayanan minimal kebencanaan oleh Kemendagri dengan keputusan Mendagri Nomor 101 tahun 2018. Mudah-mudahan dengan adanya standar pelayanan minimal yang harus dilaksanakan oleh setiap pemerintah daerah kabupaten/kota, kejadian bencana bisa ditekan. Seandainya itu harus terjadi, masyarakat bisa lebih siap siaga dalam menghadapi bencana," ujar dia. (Christoforus Ristianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : BNPB Catat 336 Orang Meninggal akibat Bencana dari Januari-Juni 2019

Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved