SBMPTN 2019

Prodi Hukum Paling Favorit, Dua Jurusan ini Diserbu Ribuan Pendaftar SBMPTN Universitas Brawijaya

Ilmu Hukum menjadi program studi (prodi) favorit yang didaftar peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) di Universitas Brawijaya

Prodi Hukum Paling Favorit, Dua Jurusan ini Diserbu Ribuan Pendaftar SBMPTN Universitas Brawijaya
foto: istimewa/humas ub
UTBK yang dilaksanakan di Universitas Brawijaya. 

SURYA.co.id | MALANG - Ilmu Hukum menjadi program studi (prodi) favorit yang didaftar peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) di Universitas Brawijaya pada tahun ini. Sejak pendaftaran ditutup pada 24 Juni kemarin, tercatat 2.584 orang mendaftar di prodi Ilmu Hukum UB.

Prodi kedua yang paling diminati adalah Agroteknologi dan Peternakan. Dua program itu masing-masing didaftar oleh 2.202 orang dan 1.734 pendaftar.

Wakil Rektor I UB, Prof Aulanni'am menuturkan UB berada di peringkat pertama PTN dengan pendaftar terbanyak. Tercatat pada tahun ini 55.871 orang memilih UB sebagai PTN tujuannya.

"Dari SNMPTN sampai ini SNMPTN, pendaftar di UB paling banyak. Selain siswa dari seluruh Indonesia selain sudah kenal dengan UB, suasana dan lingkungan Kota Malang khususnya di UB juga ramah terhadap mahasiswa semua kalangan ekonomi," tutur dia, Kamis (27/6/2019).

Ia merinci pendaftar paling banyak adalah jurusan Sains dan Teknologi yakni sebanyak 33.987 orang. Sedangkan jurusan Sosial dan Humaniora, didaftar oleh 21.884 orang.

Pada tahun ini, pendaftar jurusan Saintek yang menempatkan UB sebagai pilihan pertama sebanyak 18.423 orang. Sedangkan yang menempatkan UB pada pilihan kedua sebanyak 15.564 orang. Sedangkan 9.304 orang menempatkan kampus itu pada pilihan kedua.

"Sementara pada jurusan Sosial dan Humaniora, 12.580 orang menempatkan UB pada pilihan pertamanya dan pilihan kedua sebanyak 9.304 orang," ujarnya.

Aulanni'am mengatakan alokasi penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SBMPTN di UB pada tahun ini 40 persen dari total.

"Pada jurusan Saintek, daya tampung Saintek sebesar 3.627 orang. Sedangkan di Soshum 1.988 orang," kata dia.

Pengumuman SBMPTN nantinya serentak dilakukan pada 9 Juli 2019. Setelah SBMPTN, UB masih akan melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Kuota dari jalur ini adalah 30 persen dari total. (aminatus sofya)

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved